Ilustrasi. Anak-anak bermain di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. (MI/Rommy Pujianto)
Ilustrasi. Anak-anak bermain di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang, Bekasi. (MI/Rommy Pujianto) (Roni Kurniawan)

Pabrik di Bekasi Diwajibkan Membangun Sekolah

pabrik pendidikan
Roni Kurniawan • 12 Juni 2019 12:52
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) mewajibkan setiap pabrik di Bekasi, Jawa Barat, mendirikan fasilitas pendidikan. Kualitas warga Bekasi diharapkan meningkat dan bisa segera mendapat pekerjaan sesuai keahlian.
 
Emil mengatakan Bekasi merupakan salah satu 'penyumbang' pengangguran terbanyak di Jabar. Padahal, di Bekasi banyak berdiri pabrik berbagai bidang yang bisa menyerap tenaga kerja, terutama untuk warga setempat.
 
"Tadi sudah saya sampaikan (ke Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supria Atmaja), nanti sama-sama kita bikin kebijakan memprioritaskan warga lokal bekerja di pabrik. Kedua, mewajibkan pabrik-pabrik itu bikin sekolah. Tapi yang jadi murid di sana warga lokal, lulus dari sana kemampuanya meningkat sesuai kebutuhan sehingga bisa disalurkan," ujar Emil di Gedung Sate, Bandung, Rabu, 12 Juni 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil tak ingin warga lokal Bekasi hanya menjadi penonton di tengah banyaknya pabrik. Emil mendorong warga Bekasi berkompetisi agar bisa memiliki peran penting di beberapa pabrik.
 
"Saya tidak mau dan sedih kalau dengar warga Bekasi sendiri jadi tamu, yang kerja warga dari kota atau provinsi lain. Kebanyakan warga lokalnya hanya (bekerja) di level-level ujung, kan begitu ya," tutur mantan Wali Kota Bandung itu.
 
Emil segera membahas rencana program dengan Bupati Kabupaten Bekasi Eka Supria Atmaja, yang baru dilantik pagi tadi. Penuntasan pengangguran menjadi program prioritas di Bekasi termasuk membuat peraturan gubernur atau peraturan daerah.
 
"Nanti kita bahas. Makanya saya menunggu momentum pelantikan ini supaya sinkron. Itu agenda terpenting Kabupaten Bekasi yang akan saya bahas dengan Pak Eka," ujar dia.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif