Stok Daging Sapi di Bandung Aman
Para petugas tengah memotong bagian sapi di rumah pemotongan hewan (RPH) Ciroyom, Jalan Arjuna, Kota Bandung, Senin 11 Juni 2018 malam.
Bandung: Pemerintah Kota Bandung memastikan persediaan daging sapi mencukupi untuk kebutuhan masyarakat menjelang Idulfitri 2018. Bahkan ratusan ekor sapi di rumah pemotongan hewan (RPH) di Kota Bandung telah disiapkan dan dipotong untuk memenuhi kebutuhan Lebaran tahun ini.

Menurut Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung, Elly Wasliah, pihaknya memiliki persediaan ribuan ekor sapi yang siap untuk di potong di dua RPH yakni Ciroyom dan Cirangrang. Bahkan hingga H-3 Lebaran, sebanyak 1.123 ekor sapi yang telah dipotong.

"Dari persediaan stok sapi yang disediakan Pemerintah Kota Bandung sampai saat ini sudah sangat mencukupi jadi dengan kondisi ini. Sejak H-7 hingga H-3 sudah lebih dari seribu ekor sapi yang dipotong di dua RPH," ujar Elly saat meninjau RPH Ciroyom di Jalan Arjuna, Kota Bandung, Senin 11 Juni 2018 malam.


Elly mengatakan, menjelang lebaran tahun ini pemotongan sapi mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Pada H-3 tahun 2017 lalu, sebanyak 362 ekor sapi yang dipotong, sedangkan pada tahun ini sudah mencapai 390 ekor sapi.

"Setiap harinya mengalami peningkatan, ini dikarenakan permintaan dari masyarakat terus bertambah untuk mengkonsumsi daging sapi," sambungnya.

Sementara itu, untuk harga daging sapi segar di Kota Bandung saat ini diakui Elly masih stabil dengan kisaran Rp110 ribu - Rp120 ribu perkilogram. Stabilnya harga daging sapi, lanjut Elly, karena persediaan di Kota Bandung masih aman setelah mendapatkan pasokan dari berbagai daerah seperti Cianjur, Garut, Subang, Tangerang hingga Lampung.

"Dengan kondisi ini insyaallah harga daging sapi sampai dengan nanti H-1 dan H+7 juga harga akan tetap stabil," pungkasnya.






(ALB)