Pemred Medcom.id Abdul Kohar (kiri) menjadi pemateri pelatihan jurnalistik Lapmi Ciputat di Graha Insan Cita (GIC) Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavianus Dwi
Pemred Medcom.id Abdul Kohar (kiri) menjadi pemateri pelatihan jurnalistik Lapmi Ciputat di Graha Insan Cita (GIC) Cimanggis, Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavianus Dwi (Octavianus Dwi Sutrisno)

Jurnalis Masa Kini Harus Serba Bisa

jurnalistik
Octavianus Dwi Sutrisno • 19 Januari 2019 08:01
Depok: Pemimpin Redaksi Medcom.id Abdul Kohar menjadi pemateri pelatihan jurnalistik yang diadakan Lembaga Pers Mahasiswa Islam (Lapmi) Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Ciputat. Kegiatan digelar di Graha Insan Cita, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, Jumat, 18 Januari 2019. 
 
Salah satu yang disoroti Kohar adalah soal jurnalis di era konvergensi media. Menurut Kohar, jurnalis di era konvergensi ini dituntut serba bisa. Jurnalis masa kini tidak boleh hanya mahir menulis saja, namun harus mengerti pula mengambil gambar video maupun foto. 
 
"Ini sudah menjadi sebuah tuntutan bagi jurnalis. Sehingga menjadi bekal mereka untuk cepat menyajikan laporan baik ke media cetak, online maupun televisi," kata Kohar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan, kemajuan zaman menuntut perusahaan yang bergerak di bidang pemberitaan atau informasi terus berinovasi. Kemampuan sumber daya manusia (SDM), dalam hal ini jurnalis, amat menentukan perkembangan sebuah media massa. 
 
Kohar menjelaskan, jurnalis masa kini dituntut bekerja '4K', yaitu kecepatan, kelengkapan, kedalaman, dan kelanjutan. Unsur kecepatan harus dimiliki oleh jurnalis dalam membuat berita online, sedangkan kelengkapan dan kelanjutan, menjadi tugas khusus bagi media cetak. 
 
"Media cetak memiliki waktu yang panjang sehingga memiliki kesempatan untuk bercerita dibalik sebuah pemberitaan peristiwa menjawab How dan Why. Namun, isinya harus dikemas dengan informasi baru agar tidak basi," paparnya.
 
Salah satu peserta pelatihan menanyakan ada tidaknya pengaruh negatif dari konvergensi media, khusunya surat kabar atau koran. Menanggapi hal tersebut, Kohar menegaskan ada pergeseran platform di media cetak. Menurutnya, apabila sebuah perusahaan hanya mempertahankan media cetak, tentu akan kedodoran. 
 
 

(AGA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA18:59

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif