Wali Kota Tangsel Airin/MI/Susanto
Wali Kota Tangsel Airin/MI/Susanto (Dheri Agriesta)

Pemkot Tangsel Kaji Pembangunan Jalur MRT

mrt Proyek MRT
Dheri Agriesta • 19 Maret 2019 17:04
Jakarta: Pemerintah Kota Tangerang Selatan telah melakukan feasibility study pembangunan jalur MRT. Kajian itu dilakukan bersama PT MRT Jakarta.
 
"Mudah-mudahan dalam waktu dekat hasilnya sudah ada, jadi kita bisa tahu rutenya ke arah mana," kata Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany di Stasiun Bundaran HI, Jakarta, Selasa, 19 Maret 2019.
 
Airin berharap ada kajian lanjutan setelah feasibility study. Pembangunan MRT di Tangerang Selatan bisa melanjutkan rute yang ada di DKI Jakarta.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Presiden akan Groundbreaking Fase Dua Pembangunan MRT
 
Apalagi, Stasiun Lebak Bulus yang menjadi titik pemberhentian terakhir di selatan Jakarta cukup dekat dengan Tangerang Selatan. MRT bisa langsung masuk ke Tangerang Selatan.
 
Sejauh ini ada beberapa rute yang diajukan Pemkot Tangsel. Salah satunya, arah Ciputat-Pondok Cabe-Pamulang-Stasiun Rawa Buntu.
 
"Ada juga yang menyusuri sepanjang arah tol. Ini yang kita tunggu dari hasil kajiannya mana yang terbaik dan feasible," kata Airin.
 
Penentuan rute mempertimbangkan segala kemungkinan seperti tata ruang dan potensi jumlah penumpang. Airin enggan bicara lebih banyak terkait jalur dan rancangan pembangunan jalur.
 
"Kita tunggu saja kajiannya dari MRT," kata Airin.
 
Baca: Presiden Jokowi Resmikan MRT 24 Maret 2019
 
Fase pertama MRT Jakarta selesai dibangun. Fase pertama meliputi Stasiun Bundaran HI hingga Lebak Bulus. Setelah itu, PT MRT Jakarta akan memulai pembangunan fase dua yang meliputi Stasiun Bundaran HI hingga Stasiun Kampung Bandan.
 
Setidaknya, ada dua depo di jalur utara hingga selatan. Dua depo itu terletak di Lebak Bulus dan Kampung Bandan, Jakarta Utara.
 
Pada 2020, MRT berencana membangun fase tiga sepanjang 33 kilometer. Fase tiga dimulai dari Kalideres, Jakarta Barat, hingga Ujung Menteng, Jakarta Timur.
 
PT MRT Jakarta juga akan memperlebar jangkauan hingga Jawa Barat dan Banten. Fase ini akan dimulai dari Cikarang (Jawa Barat) hingga Balaraja (Banten).
 

(OJE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif