Warga menyaksikan lubang raksasa di area persawahan di Desa Sukamaju, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Antara/Aditya Aulia
Warga menyaksikan lubang raksasa di area persawahan di Desa Sukamaju, Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Antara/Aditya Aulia (Antara)

Lubang Tanah di Sukabumi Akibat Sungai Bawah Tanah

tanah ambles
Antara • 29 April 2019 09:39
Sukabumi: Tim Tanggap Darurat Pergerakan Tanah Badan Geologi Jawa Barat menyebut pembentukan lubang raksasa di Kampung Legoknyenang, Kabupaten Sukabumi, akibat aktivitas sungai bawah tanah. Aliran sungai ini tertimbun material dari aktivitas gunung api.
 
"Namun, karena tertimbun tanah akhirnya sungai itu hilang. Ternyata aktig lagi dengan mengeluarkan air banyak sehingga terjadilah pembentukan lubang itu," kata Kepala Tim Tanggap Darurat Pergerakan Tanag Badan Geologi Jabar Edy Mulyadi seperti yang dilansir Antara.
 
Pegerakan air dari sungai bawah tanah yang usianya sudah tua tersebut akhirnya tanah ambles karena air terus menekan dinding-dinding tanah di daerah tersebut. Namun, proses geologi ini merupakan hal biasa di alam.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknya sudah melakukan pengkajian dan mengambil beberapa foto yang ternyata bisa membuktikan sungai bawah tanah yang kembali meluap. Aliran sungai tertutup tanah tetapi volume di sungai bawah tanah banyak dan membuat tanah ambles.
 
"Kemungkinan besar luasan lubang ini akan terus bertambah, maka dari itu warga yang tinggal di sini untuk selalu waspada," tambahnya.
 
Edy mengatakan di lokasi terdapat kerikil-kerikil yang merupakan abu vulkanik. Sehingga kemungkinan di lokasi ini pernah terkena awan panas yang tidak terkonversikan. Sehingga, air bisa merembes di celah batu kerikil dan membuat tanah abu mudah tererosi.
 
Air tersebut bersumber dari rembesan sawah di atasnya dan berujung ke terbentuknya lubang ini.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif