ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id (Octavianus Dwi Sutrisno)

149 Jiwa di Depok Terjangkit DBD

demam berdarah
Octavianus Dwi Sutrisno • 24 Januari 2019 17:27
Depok: Sebanyak 149 Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) ditemukan di Kota Depok, Jawa Barat. Jumlah itu terdata hingga medio Januari 2019. 
 
"Diperkirakan di rumah sakit lebih banyak," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok Novarita, di Kantor Pemkot Depok, Jalan Margonda Raya, Rabu, 23 Januari 2018.
 
Menurut Novarita, tren penderita DBD sempat mengalami penurunan pada tahun 2017 dengan jumlah 535 orang dibandingkan tahun 2016, sekitar 2.834 warga.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Nah, tahun 2018 ini meningkat lagi menjadi 892 orang bahkan dikabarkan satu orang meninggal dunia akibat DBD," ungkapnya.
 
Menurutnya, untuk mengantisipasi bertambahnya korban DBD, pihaknya telah melakukan penyuluhan mengenai bahaya DBD di setiap Wilayah Kota Depok. Selain itu, koordinasi dengan pihak rumah sakit baik swasta maupun negeri juga dijalin.
 
"Ini sudah masuk tahap siaga, karena semakin meningkat selain itu telah dibuatkan surat edaran wali kota yang ditembuskan ke setiap kecamatan dan kelurahan. Untuk RS kalau sudah terjangkit, mau tidak mau harus melayani," bebernya.
 
Nova menerangkan, dalam pencegahan DBD masyarakat juga berperan terutama dalam memberantas sarang nyamuk di sekitar rumah dan tempat penampungan air.
 
"Jadi tidak hanya mengandalkan fogging saja, semua menjaga kebersihan lingkungan. Tapi jangan mengandalkan kader, kita sendiri sebagai masyarakat harus punya kepedulian untuk menjaga lingkungan masing-masing," paparnya.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif