Rumah Siti Aisyah di Kampung Rancasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Medcom.id
Rumah Siti Aisyah di Kampung Rancasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Medcom.id (Hendrik Simorangkir)

Siti Aisyah Kembali Dijemput demi Keamanan

pembunuhan kim jong-nam
Hendrik Simorangkir • 14 Maret 2019 16:03
Serang: Siti Aisyah kembali dijemput Kementerian Luar Negeri di kediamannya di Kampung Rancasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang. Penjemputan dilakukan Rabu malam, 13 Maret 2019, sekitar pukul 22.30 WIB dengan alasan keamanan dan penyelesaian administrasi dengan pengawalan Mapolres Serang.
 
"Aisyah kembali ke Jakarta demi keamanan dan ada pertanyaan yang perlu dikonfirmasi ke Aisyah oleh Kemenlu. Sampai kapannya kita belum tahu. Hanya dikasih tahu sampai waktu yang belum ditentukan," ujar Kapolres Serang Kota AKBP Firman Affandi, Kamis, 14 Maret 2019.
 
Aisyah berangkat dari Mapolres Serang Kota menuju Kemenlu di Jakarta, menggunakan tiga unit mobil, dan dikawal oleh personel kepolisian. "Jadi Aisyah di telepon pihak Kemenlu untuk kembali ke Jakarta untuk menyelesaikan administrasi dan keamanan saja," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Siti Aisyah Dikembalikan ke Keluarga
 
Meski begitu, lanjutnya, rumahnya yang berlokasi di Kampung Rancasari, Desa Sindangsari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Serang, Banten, masih dijaga pihak kepolisian. "Penjagaan masih dilakukan oleh personel Polsek. Besok juga yang berjaga saya tarik," ucapnya.
 
Aisyah terlebih dahulu dijemput personel polisi di rumahnya. Kemudian dibawa ke Mapolres Serang Kota. Di kantor polisi itu, sudah ada tiga pegawai Kemenlu untuk membawanya ke Jakarta.
 
Sebelumnya, Kemenlu sudah menyerahkan Siti Aisyah ke pihak keluarga. Hal tersebut dilakukan pasca Siti Aisyah tiba di Tanah Air setelah dinyatakan bebas oleh Pengadilan Malaysia.
 
"Secara resmi atas nama Pemerintah Indonesia saya serahkan saudara Siti Aiysah, saya serahkan pada pihak keluarga," ujar Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kementerian Luar Negri, Jakarta Pusat, Senin, 11 Maret 2019.
 
Aisyah dituduh terlibat dalam pembunuhan terhadap seorang warga negara Korea Utara, Kim Jong-nam, yang juga adalah kakak tiri pemimpin Korea Utara Kim Jong-un, pada 13 Februari 2017. Siti Aisyah didakwa bersama seorang warga negara Vietnam Doan Thi Huong.
 
Siti tidak terlibat pembunuhan. Dia hanya diajak melakukan prank, oleh seseorang bernama James, yang diduga intelijen Korea Utara. Kini, Siti sudah menghirup udara bebas.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif