Pemkot Bandung akan Terapkan Cabut Pentil Kendaraan

Roni Kurniawan 08 November 2018 14:03 WIB
parkir liar
Pemkot Bandung akan Terapkan Cabut Pentil Kendaraan
Petugas dari Dinas Perhubungan Kota Bandung dan Polrestabes Bandung melakukan sosialisai terkait program cabut pentil bagi pelanggar parkir liar di Bandung, Jawa Barat, Kamis, 8 November 2018. Medcom.id/ Roni Kurniawan.
Bandung: Pemerintah Kota Bandung bersama Polrestabes Bandung akan menindak parkir liar yang semakin marak. Tindakan cabut pentil pun akan diberlakukan pada pekan depan, 12 November 2018.

Sekertaris Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung Anton Sunarwibowo mengatakan, aturan cabut pentil telah ditetapkan berdasarkan Keputusan Wali Kota Bandung (Kepwal) Nomor : 551/Kep. 1281- Dishub/2018 pada 9 Oktober 2018. Kini Dishub pun gencar untuk melakukan sosialisasi sebelum keputusan tersebut diterapkan.

"Operasi cabut pentil merupakan inovasi lanjutan setelah ada beberapa cara untuk memberi efek jera terhadap kendaraan pengguna jalan. Pada 9 Oktober sudah ada Keputusan Wali Kota Bandung tentang tim gabungan yang akan bertindak," kata Anton di Taman Sejarah Bandung, Jalan Aceh, Kamis, 8 November 2018.


Anton menjelaskan, terdapat empat titik yang kerap adanya parkir liar dan menjadi target untuk operasi cabut pentil, yakni di dekat area pendidikan, rumah sakit, tempat keramaian, dan kantor pemerintahan.

"Salah satu biang kemacetan adalah perilaku pengguna jalan parkir sembarangan. Seperti parkir di trotoar, itu jelas melanggar maka kita akan tindak," jelas Anton. 

Anton mengatakan, tindakan cabut pentil akan dilakukan jika pemilik tidak memindahkan kendaraan tersebut dari tempat yang dilarang. Pencabutan tersebut didahului dengan imbauan untuk memindahkan motor.

"Pencabutan tidak dilakukan secara langsung tapi akan diberi waktu lima menit untuk dipindahkan kendaraan, tapi jika tidak ada respon maka akan dilakukan tindakan," pungkas Anton.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id