Warga dan petugas gabungan bergotong royong mengangkut puing-puing bangunan pascakebakaran di Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jumat, 4 Mei 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan
Warga dan petugas gabungan bergotong royong mengangkut puing-puing bangunan pascakebakaran di Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jumat, 4 Mei 2018. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Warga Berjibaku Bersihkan Puing Kebakaran di Bandung

kebakaran
Roni Kurniawan • 04 Mei 2018 14:54
Bandung: Puluhan warga beserta petugas kebersihan berjibaku membersihkan puing-puing kebakaran yang menghanguskan 26 bangunan di Karees Kulon, Kelurahan Malabar, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat, 4 Mei 2018.

Petugas dari TNI dan Polri pun dikerahkan untuk segera membersihkan kawasan yang terdampak kebakaran. Sejak pagi warga bergotong royong dengan petugas membersihkan dan mengangkut sampah serta puing-puing bangunan.

Sampah serta puing-puing tersebut diangkut ke truk untuk dibuang ke tempat pembuangan sementara (TPS) terdekat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

"Jadi warga bergotong-royong dengan petugas dari berbagai instansi untuk mengangkut sampah serta puing-puing yang terbakar. Karena alat berat enggak bisa masuk, jadi dilakukan secara manual," ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Arief Prasetya di lokasi kebakaran.

Baca: Korban Kebakaran di Bandung Diungsikan ke Hotel

Arief menuturkan, puluhan petugas DPU telah dikerahkan termasuk ratusan karung untuk mengangkut sampah serta puing-puing bangunan. Lokasi padat penduduk berakses sempit diakuinya jadi kendala.

"Ini area padat jadi sangat tidak mungkin alat berat masuk. Kita sedang cari cara supaya ini bisa diselesaikan. Lokasinya juga ada yang di bantaran Sungai Anak Kali Cikapundung, jadi sangat susah," sambung Arief.

Namun, Arief menyebut fokus pekerjaan hari ini untuk membersihkan dan merobohkan sisa bangunan. Sisa bangunan dikhawatirkan roboh karena sebagian pondasi sudah terbakar.

"Iya ini khawatir juga kalau roboh. Paling kita hancurkan secara manual karena bisa mengganggu keselamatan," pungkasnya.

Baca: Balita Korban Kebakaran di Bandung Dimakamkan


(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi