Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan rombongan meninjau kondisi Citarum di Kabupaten Bandung, Rabu, 26 September 2018, Medcom.id - Roni
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan rombongan meninjau kondisi Citarum di Kabupaten Bandung, Rabu, 26 September 2018, Medcom.id - Roni (Roni Kurniawan)

Ridwan Kamil Hendak Bersihkan Citarum dari Pabrik

normalisasi sungai
Roni Kurniawan • 26 September 2018 14:42
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana menjadikan Sungai Citarum sebagai ruang publik. Pria yang akrab disapa Emil itu akan mengundang pengusaha memindahkan pabrik dari tepian Sungai Citarum.
 
Citarum merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Tanah Pasundan. Panjang aliran sungai kurang lebih 300 kilometer yang melintasi Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Cianjur, Bandung Barat, Purwakarta, lalu bermuara di Karawang.
 
Baca: 15 Tahun Lalu, Citarum Jadi Sungai Pelepas Penat

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Emil menilai Citarum memiliki potensi wisata yang besar. Masyarakat pun dapat menuangkan ide dan kreasi sambil melepas penat di pinggir sungai.
 
"Jadi daerah ini sangat memungkinkan menjadi ruang publik masyarakat," kata Emil saat meninjau Sungai Citarum di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, Rabu, 26 September 2018.
 
Emil berencana menghadirkan perahu berdesain khusus menghiasi pinggir sungai. Bukan hanya di hilir, penataan pun dilakukan di kawasan hulu.
 
"Hulu di Cisanti, sampai hilir akan terus kita perbaiki. Saya juga akan mulai mengundang pengusaha tentang wacana pemindahan pabrik-pabrik. Kuncinya ada di kepemimpinan, semakin perhatian akan semakin baik. Jangan sektoral lagi," pungkasnya.
 
Lihat video:
 

 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi