Apel pengamanan malam Tahun Baru 2019, Senin, 31 Desember 2018, di Depok, Medcom.id - Octa
Apel pengamanan malam Tahun Baru 2019, Senin, 31 Desember 2018, di Depok, Medcom.id - Octa (Octavianus Dwi Sutrisno, Hendrik Simorangkir)

Jalan, Pusat Perbelanjaan, hingga Pantai Diawasi Polisi

perayaan tahun baru
Octavianus Dwi Sutrisno, Hendrik Simorangkir • 31 Desember 2018 19:03
Depok: Warga di Depok, Jawa Barat, dipersilakan untuk merayakan malam pergantian tahun. Asalkan, perayaan tak berlebihan dan menghindarkan hura-hura yang berpotensi mengganggu ketertiban dan keamanan.
 
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Depok Sidiq Mulyana mengatakan pemerintah kota telah menyebarkan surat edaran Wali Kota Mohammad Idris yang melarang menyalakan kembang api dan petasan di jalanan. Ia justru mengimbau warga merayakan malam pergantian tahun dengan doa bersama.
 
“Mari kita membangun empati masyarakat terhadap saudara-saudara kita yang sedang tertimpa bencana di Banten dan Lampung melalui bantuan yang disalurkan pada posko-posko resmi yang telah disediakan," lanjut Sidiq, Senin, 31 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Empat lokasi diperkirakan rawan kemacetan di Depok yaitu Jalan Raya Margonda, Boulevard Raya, Kalimulya, dan Juanda. Dua pusat perbelanjaan menjadi lokasi keramaian seperti Margo City Mall dan Pesona Square.
 
"Kami akan berjaga di pusat keramaian tersebut," ungkap Kasatlantas Polresta Depok, Kompol Sutomo.
 
Satlantas Depok menurunkan kurang lebih 161 personel untuk menangani lalu lintas di malam tahun baru. Sutomo juga meminta warga tak melakukan konvoi yang dapat memicu kemacetan.
 
"Kami mengimbau  masyarakat untuk tidak usah konvoi apalagi yang sudah ketahuan tempat itu adalah pusat keramain. Selalu jaga keselamatan," tandasnya.
 
Sementara itu Polres Metro Tangerang Kota, Banten, menyiagakan 1.089 personel gabungan untuk mengamankan malam pergantian tahun di wilayah hukum Tangerang Kota. Khusus titik pengamanan lokasi titik keramaian menjadi prioritas pengamanan khususnya di wilayah Tanjung Pasir.
 
Kapolres Metro Tangerang Kota Kombes Harry Kurniawan mengatakan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pemkot Tangerang dan TNI untuk menciptakan suasana yang kondusif.
 
"Kami menerjunkan sebanyak 1.089 personel di beberapa pos pengamanan dan pelayanan Natal dan Tahun Baru 2019. Pengamanan masih berlanjut hingga 2 Januari 2019 mendatang," ujar Harry, Senin, 31 Desember 2018.
 
Harry menjelaskan, pengamanan akan menjadi prioritas pengamanan khususnya pada lokasi titik keramaian, seperti di wilayah Tanjung Pasir yang umumnya didatangi banyak pengunjung saat malam pergantian tahun.
 
"Karena lokasinya di pinggir pantai, kami juga mengimbau masyarakat yang akan berkunjung di Tanjung Pasir dan pantai di Teluk Naga untuk tetap menjaga keselamatan. Disana ada pos pelayanan Polsek Teluk Naga," katanya.
 
Selain itu, pusat perbelanjaan Tangerang City Mall juga akan mendapatkan pengamanan. Karena pusat perbelanjaan tersebut menjadi pusat keramaian baik mall dan ataupun saat pergantian tahun baru.
 
"Pusat Pemerintahan Kota Tangerang dan kawasan Jatiuwung juga akan menjadi atensi bagi kami," jelasnya.
 
Lebih lanjut, pihaknya akan menempatkan 8 personel disetiap posko yang keseluruhannya terdiri dari TNI, Dishub dan Satpol PP Kota Tangerang.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi