Polres Tangerang Selatan menangkap empat orang spesialis pencurian rumah kosong, Senin, 4 Januari 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama.
Polres Tangerang Selatan menangkap empat orang spesialis pencurian rumah kosong, Senin, 4 Januari 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama. (Farhan Dwitama)

Polisi Tangkap Pencuri Bermodus Penampilan Necis

pencurian
Farhan Dwitama • 14 Januari 2019 17:54
Tangerang: Polres Tangerang Selatan menangkap empat orang spesialis pencurian rumah kosong. Keempatnya adalah Rizki Pratama, Ono Carsono, Abdul Rizik alias Aam, dan Nurhayati. 
 
Kapolres Tangerang Selatan, AKBP Ferdy Irawan mengatakan, komplotan tersebut ditangkap beberapa waktu lalu setelah dua kali beraksi di perumahan elit Alam Sutera, Tangerang Selatan.
 
"Mereka beraksi tanggal 8 dan 10 Januari, pada tanggal 10 ini mereka belum sampai beraksi sudah keburu dikepung petugas satpam perumahan yang telah mengidentifikasi para pelaku," kata Ferdy di Mapolres Tangerang Selatan, Senin, 14 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ferdy menjelaskan, dua di antara empat pelaku adalah pasangan suami istri. Dalam melancarkan aksinya, para pelaku kerap berpenampilan necis selayaknya pegawai kantor.
 
"Dia menggunakan tampilan sebagai kaum atas, dengan mobil Fortuner terbaru, berpakaian seperti orang kantoran rapi, agar tidak dicurigai satpam perumahan," jelas Ferdy. 
 
Namun sial, pada aksi pencurian dengan pemberatan yang baru akan dilakukan para pelaku, di kali kedua, seluruh satpam perumahan berhasil mengidentifikasi pelaku dari mobil Fortuner sewaan yang mereka gunakan sebelumnya.
 
"Mereka mencuri pertama tanggal 8 itu di cluster Olicvia, dan tanggal 10 saat belum sampai melakukan pencurian, satpam cluster Onyx mengidentifikasi pelaku dan akhirnya melakukan pengamanan bersama Polres Tangsel," jelas Ferdy.
 
Menurut Ferdy, pelaku yang menggunakan mobil Fortuner sewaan seharga Rp1 juta per hari itu berusaha melarikan diri dengan menabrakan kendaraannya ke sepeda motor satpam cluster, dan palang pintu cluster.
 
"Jadi karena mungkin mereka tahu telah dikepung dan berusaha melarikan diri, mereka menabrakan mobil itu dan berhasil kami amankan," jelas Ferdy. 
 
Atas perbuatan tersebut, pelaku dijerat pasal 363 KUHPidana dengan ancaman penjara maksimal tujuh tahun.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif