Dinas Perhubungan bersama anggota Satlantas Polres Cirebon mengecek kelaikan angkutan di PO Bus Sahabat di Kecamatan Plered, Selasa, 21 Mei 2019. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.
Dinas Perhubungan bersama anggota Satlantas Polres Cirebon mengecek kelaikan angkutan di PO Bus Sahabat di Kecamatan Plered, Selasa, 21 Mei 2019. Medcom.id/ Ahmad Rofahan. (Ahmad Rofahan)

Bus Angkutan Lebaran di Cirebon Dipastikan Layak Jalan

jalur mudik Mudik Lebaran 2019
Ahmad Rofahan • 21 Mei 2019 20:20
Cirebon: Dinas Perhubungan bersama anggota Satlantas Polres Cirebon mengecek kelaikan angkutan yang akan digunakan saat mudik di PO Bus Sahabat di Kecamatan Plered. Satu persatu bus diperiksa oleh petugas mulai dari ketebalan ban, kelaikan sistem pengereman hingga ketersediaan alat pemadam api ringan (APAR).
 
Kasi Pengujian Kendaraan Dishub Kabupaten Cirebon Edi Suzendi mengatakan dari hasil pemeriksaan sejumlah unit bus di PO Sahabat petugas tidak ditemukan masalah.
 
"Alhamdulillah ada beberapa kendaraan yang kita periksa, mungkin dari APAR. Karena APAR itu penting dan ketika kebakaran kadang supir panik. Jadi imbauan kami setiap bus di Kabupaten Cirebon semuanya dilengkapi dengan APAR," kata Edi saat dikonfirmasi, Selasa, 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Edi meminta PO Bus untuk menyiapkan APAR di masing-masing unitnya. Pengemudi juga harus paham langkah pertama ketika terjadi kebakaran. Untuk itu pihaknya akan menggandeng Dinas Pemadam Kebakaran untuk memberikan pelatihan pemadaman kebakaran kepada para supir bus.
 
Selain memeriksa kelengkapan didalam bus, petugas juga memeriksa bengkel dan ruang penyimpanan onderdil. Edi mengaku puas karena PO Bus Sahabat menggunakan onderdil yang berkualitas dan tidak memakai ban vulkanisir.
 
"Kita periksa onderdil yang digunakannya juga," jelas Edi.
 
Edi juga memastikan, selain memeriksa kelaikan di PO Bus Sahabat, selanjutnya pihaknya akan melakukan pemeriksaan di PO Bus lainnya seperti PO Sahabat, Garuda Mas, Setia Negara, Ifanha, Kiswah, Madona, 3 Putra Tekstil dan CBU.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif