Pemudik Diimbau tak Berlama-lama di Rest Area
Contraflow diberlakukan di Tol Jakarta-Cikampek Km 35.600
Bekasi: Pemudik yang melintasi tol Jakarta-Cikampek diimbau tidak berlama-lama di tempat istirahat atau rest area. Hal itu diperlukan agar dapat bergantian dengan pengendara lain dan tidak terjadi penumpukan yang berimbas pada kemacetan di Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

"Jadi untuk istirahat tidak berlama-lama, sesuai kebutuhan. Misalkan hanya untuk ke toilet atau sembahyang. Jadi maksimal, mudah-mudahan paling lama 30 menit. Sehingga bisa memberikan kesempatan pada yang lain untuk masuk rest area," kata Deputy General Manager Traffic Management Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek, Cece Kosasih, Sabtu, 9 Juni 2018.

Cece mencontohkan tadi pagi di Tol Jakarta Cikampek tepatnya di Km 35.600 diberlakukan contraflow. Hal itu menyusul kepadatan kendaraan di Tempat Istirahat (TI) atau rest area di Km 39 dan Km 41.


Cece menerangkan, tindakan contraflow juga dilakukan karena kepadatan kendaraan mencapai 21 kilometer lebih pada hari yang diprediksi sebagai puncak arus mudik ini.

"Memang sekarang sudah lumayan tinggi lalinnya. Dibandingkan hari biasa sudah ada peningkatan lalinnya," ujarnya.

Ia menyatakan, jumlah kendaraan diprediksi akan terus meningkat sampai dengan malam nanti. "Mudah-mudahan hari ini lebih tinggi, sehingga habis nanti arus mudiknya," ujarnya.

Dirinya mengimbau supaya pemudik menyiapkan kendaraannya sebelum musim dan memperhatikan kondisi kesehatan pengemudi.

Selain itu dirinya juga mengharapkan supaya pemudik mematuhi pengaturan petugas dan mempersiapkan saldo e-Toll nya memadai sampai tujuan. Data Manager Traffic Management Jasa Marga Cabang Jakarta Cikampek, hingga Jumat, 8 Juni 2018 kendaraan yang melintas di Tol Jakarta-Cikampek mencapai 89.363  kendaraaan.




(ALB)