Pemprov Banten Revitalisasi Komplek Kesultanan Banten Lama

Nur Azizah 03 November 2018 17:09 WIB
banten
Pemprov Banten Revitalisasi Komplek Kesultanan Banten Lama
Gubernur Banten, Wahidin Halim di Komplek Kesultanan Banten, Sabtu, 3 November 2018. Medcom.id/ Nur Azizah.
Jakarta: Pemprov Banten sedang merevitalisasi Komplek Kesultanan Banten. Saat ini, proses revitalisasi baru mencapai 60 persen. Gubernur Banten Wahidin Halim mengatakan, Komplek Kesultanan Banten baru pertama kali direvitalisasi selama 18 tahun terakhir. Ia berniat menjadikan komplek itu sebagai ikon wisata religi Banten.

"Revitalisasi ini baru bagian pertama dari rencana penataan kawasan Banten. Kami ingin kawasan ini sebagai kawasan budaya dan nilai-nilai Islam," kata Wahidin di Komplek Kesultanan Banten, Sabtu, 3 November 2018.

Revitalisai komplek kesultanan ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian pertama sekitar halaman masjid Agung Banten, bagian kedua penataan pedagang dan terakhir penataan kanal di kawasan tersebut.


Wahidin menyebut, anggaran revitalisasi mencapai sekitar Rp64 miliar. Termasuk revitalisasi kanal sepanjang 4 kilometer.

"Semua ini kita akan perbaiki agar ini bisa menjadi kawasan sejarah yang bisa dilirik wisatawan nasional bahkan internasional," ungkap Wahidin.

Selain merevitalisasi Komplek Kesultanan Banten Lama, Wahidin berencana mendirikan rumah-rumah tradisional Banten. "Lalu kita ingin buat rumah kajian Islam kitab Syekh Nawawi untuk membagikan revolusi Islam di Banten," pungkas Wahidin.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id