Ma'ruf Amin Minta Santri Tetap Mengawal NKRI
Calon wakil presiden KH Maruf Amin dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) di Cirebon, Senin, 22 Oktober 2018, Medcom.id - Rofahan
Cirebon: Calon wakil presiden sekaligus Mustaysar PBNU KH Ma’ruf Amin menghadiri penutupan Festival Tajug dalam rangkan Hari Santri Nasional di Cirebon, Senin 22 Oktober 2018. Menurut Ma’ruf, Hari Santri merupakan bukti bahwa Presiden Joko Widodo sangat cinta kepada santri.

Ma’ruf mengatakan, Hari Santri merupakan salah satu bentuk pengakuan yang sangat berharga dari pemerintah, terhadap peran yang dilakukan oleh para santri dan kiai, dalam mengawal kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Menurut Ma’ruf, selama 70 tahun peran santri dalam hal tersebut seperti terabaikan. Namun kemudian Presiden Jokowi menetapkan 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional (HSN).

Ma’ruf mengisahkan, di saat tentara sekutu hendak kembali merampas kemerdekaan yang sudah diraih oleh Bangsa Indonesia, para santri dan kiai tidak tinggal diam. Bahkan, para kiai akhirnya mengeluarkan resolusi jihad, yang menyerukan kepada seluruh masyarakat untuk melawan penjajah dan mempertahankan kemerdekaan.


“Dalam resolusi jihad, melawan penjajah hukumnya adalah fardlu ain (wajib),” kata Ma’ruf.

Ma’ruf juga mengungkapkan, peran santri dan kiai dalam perang 10 November sangatlah besar. Sebagian orang berpendapat semangat arek-arek Suroboyo itu karena teriakan Bung Tomo dari radio. Namun, menurut Ma’ruf, resolusi jihad yang paling menggemakan gelora para santri dan warga Surabaya saat itu.

“Karena saat itu, fatwa resolusi jihad disebarkan ke seluruh cabang dan ranting NU di seluruh pelosok nusantara,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf jga berharap, santri masih terus berjuang dan mengawal Indonesia. Namun, pengawalan yang dilakukan saat ini, bukan untuk berperang melawan penjajah, melainkan mengawal dari kelompok-kelompok yang mau menghancurkan NKRI.

“Santri harus bisa menjaga NKRI dari kelompok-kelompok yang akan mencederai negara ini,” kata Ma’ruf.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id