Kolam retensi di kawasan Sirnaraga, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 8 Januari 2019. Medcom.id/ Roni Kurniawan.
Kolam retensi di kawasan Sirnaraga, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 8 Januari 2019. Medcom.id/ Roni Kurniawan. (Roni Kurniawan)

Wali Kota Bandung Resmikan Kolam Retensi Sirnaraga

antisipasi banjir
Roni Kurniawan • 08 Januari 2019 12:14
Bandung: Wali Kota Bandung Oded M. Danial meresmikan kolam retensi di kawasan Sirnaraga, Kecamatan Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa, 8 Januari 2019. Kolam retensi Sirnaraga dibangun untuk menanggulangani banjir.
 
Kolam retensi Sirnaraga yang dibangun sejak 2018 lalu mampu menampung 3.330 kubik air luapan dari Sungai Citepus. Ketika hujan terjadi, debit air Sungai Citepus kerap meluap yang menyebabkan banjir di kawasan Pasteur hingga Astana Anyar.
 
"Sirnaraga yang sudah kita lihat dan resmikan, mudah-mudahan kita berharap ini menjadi bagian dari upaya kita dalam rangka mengatasi banjir di Sungai Citepus," kata Oded usai meresmikan kolam retensi Sirnaraga, Selasa, 8 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oded menjelaskan, kolam retensi tersebut juga bisa menjadi tempat rekreasi warga sekitar. Pasalnya Pemkot Bandung menaburkan benih berbagai jenis ikan ke kolam tersebut.
 
"Di saat sekarang ada airnya, kita tanami ikan, jadi bisa mancing. Tapi Mang Oded pesan, jangan dikecrik (dijaring), dipancing silahkan," jelas Oded.
 
Pembangunan kolam retensi tersebut dibangun sejak Agustus 2018 silam dengan menelan anggaran mencapai Rp5 miliar. Kolam tersebut dibangun di atas lahan seluas 1.972 m2 dengan rincian total lahan yang digunakan 1.456,14 m2 dan untuk kolam memiliki luas 1.075 m2 dengan tinggi 3 sampai 4 meter. 
 
"Kalau lagi kering, ini juga bisa dipakai olah raga main futsal. Jadi ini multifungsi. Intinya semoga bisa mengurangi banjir akibat luapan Sungai Citepus," pungkas Oded.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif