Istimewa
Istimewa (Hendrik Simorangkir)

Banten Gelar MTQ XVI di Tangerang

mtq
Hendrik Simorangkir • 25 Maret 2019 15:18
Tangerang: Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) XVI tingkat Provinsi Banten yang berlokasi di Pusat Pemerintahan Kota (Pemkot) Tangerang, akan dimeriahkan pertunjukan parade kafilah dari delapan kabupaten/kota se-Banten serta pagelaran seni dan budaya lainnya. Pembukaan tersebut dilaksanakan pukul 19.30 WIB.
 
Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang Maryono Hasan mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dispora terlibat dalam seremoni pembukaan MTQ XVI tingkat Provinsi Banten. Panitia pun berkreativitas agar pagelaran yang terlaksana di Kota Tangerang sebagai tuan rumah ini membawa pesan kebaikan kepada masyarakat Banten.
 
"Saat pembukaan MTQ akan ada pengibaran bendera Merah Putih yang diikuti oleh 112 Paskibraka Kota Tangerang 2018. Marching Band pun melakukan pertunjukan dengan 70 personel," ujar Maryono, Senin, 25 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Selain Paskibraka dan Marching Band, Maryono menambahkan, MTQ akan dilengkapi juga dengan 50 pemain biola, 20 personel marawis, serta ada pertunjukan drama teaterical sebanyak 50 personel. "Semuanya akan berkolaborasi dalam pertunjukan musik saat pembukaan MTQ XVI tingkat Provinsi Banten ini," ucapnya.
 
Sementara, penanggung jawab acara opening MTQ XVI, Mualim menjelaskan, persiapan rentetan acara yang akan digelar semakin dimatangkan oleh panitia penyelenggara. Melalui gladi resik yang digelar sebagai pematangan tampilan opening MTQ, kemewahan pembukaan acara pada tahun ini tergambar dengan inovasi baru tampilan talent yang didukung dengan peralatan canggih.
 
"Kita akan gabungkan budaya Banten dengan tampilan kesenian modern saat ini, semisal tari tradisional yang dicampur dengan teatrikal, marching band yang dipercantik dengan lampu laser dan video maping," jelas Mualim.
 
Dalam acara pembukaan MTQ XVI nantinya akan menampilkan teatrikal sejarah Islam di Banten semenjak datangnya ulama hingga kondisi Islam pada masa kini. Kemewahan juga tergambar dari jumlah penampil yang mencapai 400 orang.
 
Kemewahan tidak hanya terlihat dari jumlah penampil atau alat canggih yang dipakai, namun juga dari sisi humanis yang tergambar dari penampil yang diikutsertakan. Mualim menambahkan, penampil yang berkontribusi pada gelaran MTQ XVI saat ini juga ada yang diambil dari umat agama lain.
 
"Padus misalnya yang akan tampil di opening itu merupakan grup paduan suara yang anggotanya adalah non muslim, mereka memang yang biasa tampil di gereja," kata Mualim.
 
Selain memang karena grup paduan suara ini memiliki kualitas yang bagus, Mualim menuturkan, kontribusi mereka juga merupakan suatu bentuk toleransi beragama dan gambaran bahwa Banten di tengah keberagaman pemeluk agama di dalamnya, dapat rukun bahkan saling bersinergi dan saling membantu.
 
"Ada pemain biola juga yang non muslim, kita mau tonjolkan adanya sinergi antar umat beragama, kita masih bisa buat event bersama di tengah gejolak isu SARA saat ini yang sedemikian kuatnya dan mereka mau sama-sama berkolaborasi di acara ini, meskipun kan kental banget muatan Islamnya," tuturnya.
 
Penunjukan art director yang berpengalaman di event internasional juga menjadi kemewahan tersendiri. Hal ini mengisyaratkan keseriusan panitia penyelenggara dalam menggelar MTQ XVI mulai dari acara openingnya.
 
"Ada mas Dony yang dulu itu terlibat di Asian games yang merupakan kepanjangan tangan kita untuk menerapkan konsep yang kita mau," katanya.
 
Beragam acara turut digelar untuk memeriahkan MTQ XVI tingkat Provinsi Banten saat ini. Selain acara kompetisi yang akan berlangsung sengit, gelaran tausiyah dari banyak penceramah terkenal juga akan mengisi acara MTQ kali ini.
 
Nama-nama penceramah kondang seperti Ustadz Yusuf Mansur, penceramah dan aktris yang pernah membintangi film Ketika Cinta Bertasbih Ustazah Oki Setiana Dewi dan Penceramah yang kental dengan candaannya Ustadz Wijayanto.
 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif