Rencana Perluasan Bandara Soetta di Reklamasi Masih Dikaji

Hendrik Simorangkir 05 Desember 2018 17:25 WIB
bandara soekarno-hatta
Rencana Perluasan Bandara Soetta di Reklamasi Masih Dikaji
Kereta Bandara Soekarno-Hatta, salah satu moda transportasi yang mendukung angkutan untuk penumpang pesawat, MI - Ramdani
Tangerang: Rencana perluasan Bandara Soekarno-Hatta 2 di Kabupaten Tangerang, Banten, masih dalam tahap pengkajian. Wacana pembangunan bandara baru itu akan dibangun di atas tanah reklamasi di pantai utara Tangerang. 

VP Corporate Communication Angkasa Pura II Yado Yarismano mengatakan, saat ini proyek tersebut masih dalam tahapan feasibility study. Rencana itu memerlukan tahapan untuk menentukan kapasitas terminal penumpang pesawat dan sebagainya. 

"Masih terus dikaji. Pembangunan Bandara Soekarno-Hatta II itu akan dilakukan setelah AP II tuntas merevitalisasi Soekarno-Hatta Internasional Airport," ujar Yado, Rabu, 5 Desember 2018.


Yado menjelaskan, revitalisasi tersebut masih harus dilakukan di beberapa terminal. Pasalnya, terminal tersebut harus memenuhi kapasitas dan bisa mengakomodir pergerakan penumpang pesawat.

"Masih ada revitalisasi Terminal 1 dan Terminal 2. Setelah itu tuntas, baru akan dilakukan pembangunan Bandara Soekarno-Hatta Internasional II," kata Yado. 

Senior Manager of Branch Communication and Legal Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Febri Toga Simatupang menuturkan, rencana pembangunan bandara tersebut belum sampai ditelinganya. 

"Kami belum mengetahui sejauh mana rencana pembangunan tersebut. Yang pasti kami belum dapat pemberitahuan terbarunya. Silakan ditanya kepada kantor pusat PT Angkasa Pura II," jelas Febri.

Rencana perluasan Bandara Soekarno-Hatta 2 di Kabupaten Tangerang, Banten, dianggap langkah tepat. Selain meningkatkan angka perjalanan dan pelayanan pada masyarakat perluasan bandara juga berdampak pada daerah.

Selain itu, pembangunan bandara tersebut juga dapat mengurangi padatnya penumpang yang tiap tahun terus meningkat.  

Perluasan Bandara Soetta di atas lahan reklamasi rencananya dimulai pada 2020. Berdasarkan kajian Angkasa Pura II, diperlukan lahan seluas 2.000 hektare dan investasi Rp100 triliun untuk perluasan Bandara Soetta. 

Bandara beroperasi sejak 1985. Perluasan bandara terus dilakukan. Pada 2017, penumpang di bandara tersebut mencapai 63 juta orang. Diperkirakan, jumlah tersebut meningkat hingga 100 juta penumpang pada 2024.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id