Kemenag Depok Siapkan Mesin Cetak Kartu Nikah

Octavianus Dwi Sutrisno 21 November 2018 21:42 WIB
pernikahankartu nikah
Kemenag  Depok Siapkan Mesin Cetak Kartu Nikah
Kementerian Agama (Kemenag) secara resmi meluncurkan kartu nikah pada tengah pekan lalu dan mulai diterbitkan akhir November 2018. Antara Foto/Muhammad Adimaja
Depok: Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok telah menyiapkan diri untuk pembuatan dan penyebaran kartu nikah. Salah satunya menyiapkan perangkat cetak khusus untuk kartu nikah.

"Memang untuk blanko, belum kita terima. Namun, yang paling penting itu pengaktifan aplikasinya saja, karena nanti aplikasi tersebut akan tersambung dengan Sistem Komputerisasi Kartu Nikah (Simkah). Untuk perangkat pencetakannya, semua sudah kita siapkan," ucap Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Depok Asnawi saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 21 November 2018.

Kota Depok masuk dalam proyek percontohan dalam peluncuran kartu nikah. Pihaknya tinggal menunggu pemberitahuan terbaru untuk realisasi program ini.


Kartu nikah tersebut merupakan ide Kementerian Agama untuk keamanan buku nikah. Buku nikah sulit untuk dibawa dan mudah dipalsukan.

"Kartu nikah tidak bisa karena terhubung langsung dengan komputerisasi," pungkasnya.

Kartu nikah akan diluncurkan pada akhir November 2018. Pasangan suami istri yang baru menikah masih diberikan buku nikah.

Kartu nikah akan dapat dipakai sebagai bukti pernikahan. Sebab, format kartu lebih mudah dibawa ketimbang buku nikah.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id