Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Antara)
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Antara) (Rizky Dewantara)

Peta Rawan Bencana Kota Bogor Segera Disebar

penanggulangan bencana
Rizky Dewantara • 17 Januari 2019 15:05
Bogor: Pemerintah Kota Bogor segera membuat peta rawan bencana untuk menghadapi status siaga bencana. Peta tersebut mulai disebarluaskan mulai pekan depan. Selama lima bulan kedepan, hingga akhir Mei 2019 semua kota dan kabupaten Bogor dinyatakan berstatus siaga bencana, darurat banjir, dan longsor. 
 
"Kami sudah masukan data dari seluruh kelurahan dan nanti diolah oleh Kantor Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Bogor, kemudian disebarluaskan," kata Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis, 17 Januari 2019.
 
Bima menjelaskan, dari segi kontur wilayah memang tidak bisa dipungkiri jika Kota Bogor rawan bencana longsor dan banjir. Meski begitu, pihaknya terus berupaya memperbaiki infrastruktur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Seperti membangun Tembok Penahan Tanah (TPT) dan membersihkan drainase untuk meminimalisir banjir lintasan," jelas Bima.
 
Sementara itu, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan menjelaskan, adanya status siaga ini menjadi pegangan BPBD Kota Bogor melakukan peningkatan kesiapsiagaan banjir atau longsor.
 
Ganjar mengatakan, dalam hal peningkatan kesiapsiagaan bencana ini tidak hanya dilakukan BPBD, tapi juga harus dilakukan semua masyarakat di enam kecamatan Kota Bogor.
 
"Kami terus lakukan persiapan mulai dari mobilisasi sumber daya, peralatan, dan juga kegiatan simulasi bersama masyarakat," ungkap Ganjar saat dihubungi Medcom.id.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi