Buruh di Tangerang Selatan, mengikuti lomba senam poco-poco, Rabu 1 Mei 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama.
Buruh di Tangerang Selatan, mengikuti lomba senam poco-poco, Rabu 1 Mei 2019. Medcom.id/ Farhan Dwitama. (Farhan Dwitama)

Buruh di Tangsel Memperingati May Day dengan Perlombaan

may day hari buruh
Farhan Dwitama • 01 Mei 2019 13:12
Tangerang: Peringatan hari buruh atau May Day di Kota Tangerang Selatan dilakukan dengan berbagai hiburan, lomba futsal dan senam poco-poco, di Jalan Kapten Soebijanto, kawasan Bumi Serpong Damai (BSD).
 
Peringatan May Day hari ini di Tangerang Selatan, terpusat di kawasan BSD dengan mengusung tema kebahagiaan untuk buruh. 
 
Ketua SPSI Tangerang Selatan, Vanny O Sompie mengatakan, May Day tanpa aksi demonstrasi di Tangerang Selatan ini tidak mengurangi semangat perjuangan buruh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ada lomba futsal, senam dan hiburan dan door prise, karena kegiatan ini adalah rutin. Dari sisi pekerja kita bersyukur karena Pemkot sangat membantu untuk melaksanakan kegiatan dengan baik," kata  Vanny di lokasi, Rabu, 1 April 2019.
 
Vanny menjelaskan, dengan adanya kegiatan hiburan dan lomba-lomba ini, tak ada buruh yang menggelar orasi umum di Tangerang Selatan.
 
"Kalau di Tangsel tidak ada, dan lebih fokus di sini," jelas Vanny.
 
Vanny berharap, peringatan hari buruh saat ini berdampak pada peningkatan kesejahteraan buruh di seluruh Indonesia. Meski diakuinya, buruh di Kota Tangerang Selatan memiliki karakteristik berbeda dengan daerah-daerah lainnya di Tangerang. 
 
"Tangsel kalau dilihat sedikit berbeda situasinya dengan di tempat tempat lain. Karena kolaborasi bersama, kegiatan May Day kita masih kondusif namun tidak mengurangi semangat perjuangan buruh di Tangsel," jelas Vanny.
 
Untuk peningkatan kesejahteraan, pihaknya berharap revisi Peraturan Pemerintah nomor 78 tentang upah buruh, bisa lebih menyejahterakan buruh di masa-masa yang akan datang. 
 
"Arah kita untuk peningkatan kesejahteraan, seperti regulasi pengupahan PP 78 dan sudah ditetapkan presiden untuk direvisi, Tentu tahun depan kita masih terus berjuang upah tahun depan seperti apa, kita lihat dulu revisi PP 78 tahun ini," tegas Vanny.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif