Pengunjung bermain becak-becakan di Cikao Park, Purwakarta, Jawa Barat. (ANT/Muhamad Ibnu Chazar)
Pengunjung bermain becak-becakan di Cikao Park, Purwakarta, Jawa Barat. (ANT/Muhamad Ibnu Chazar) (Reza Sunarya)

Bantuan Provinsi untuk Kabupaten Purwakarta Bakal Ditambah

infrastruktur
Reza Sunarya • 19 Juni 2019 15:11
Purwakarta: Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias Emil, berencana menambah anggaran bantuan provinsi (banprov) untuk bidang pariwisata Di Jawa Barat. Termasuk kenaikan anggaran Banprov untuk Pemkab Purwakarta hingga tiga kali lipat tahun depan.
 
"Di kepemimpinan saya, anggaran untuk daerah itu harus merata. Jadi tidak dilihat dari siapa yang jago lobi," Kata Emil, saat berkunjung kawasan Waduk Jatiluhur Purwakarta, Jawa Barat, Rabu, 19 Juni 2019. 
 
Emil menjelaskan salah satu alasannya menaikkan nilai banprov untuk wilayah Purwakarta guna membantu peningkatan ekonomi masyarakat. Salah satunya, penataan infrastruktur jalan. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika, mengapresiasi rencana Gubernur Jabar. Apalagi, masih banyak PR pembangunan yang harus segera diselesaikan.
 
"Salah satu PR kita sih terkait dengan pembangunan infrastruktur layak bagi masyarakat dan penataan pariwisata," Kata Anne.
 
Anne menjelaskan ada beberapa titik yang belum selesai pembangunannya. Misalnya, pembangunan jalan menuju obyek wisata Gunung Parang dan penataan obyek wisata Wanayasa.
 
"Kalau banprov-nya dinaikkan, ya kami senang. Karena bisa membantu untuk menyelesaikan PR ini," jelas dia.
 
Sejak dua tahun terakhir, bantuan dari Pemprov Jabar untuk Purwakrarta relatif lebih kecil ketimbang daerah lain. Pada 2018, banprov diusulkan Rp400 miliar. Tapi, yang disetujui hanya Rp32 miliar. Itu pun didapat melalui aspirasi DPRD.
 
Anne menyebutkan, wilayahnya butuh Rp400 miliar untuk menyelesaikan pembangunan infrastruktur. Namun, kemampuan APBD daerah belum bisa menutupi seluruhnya.
 
"Tahun ini, kami hanya bisa mengalokasikan Rp101 miliar untuk seluruh kebutuhan pembangunan infrastruktur. Tadinya sih, berharap ada dari bantuan provinsi. Tapi, pengajuan kita kemarin semuanya dicoret," pungkasnya. 
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif