Kondisi arus lalu lintas di perempatan Palimanan Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 9 Juni 2019. Medcom.id/ Ahmad Rofahan.
Kondisi arus lalu lintas di perempatan Palimanan Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 9 Juni 2019. Medcom.id/ Ahmad Rofahan. (Ahmad Rofahan)

Polisi Rekayasa Lampu Merah saat Jalur Pantura Padat

arus balik Mudik Lebaran 2019
Ahmad Rofahan • 09 Juni 2019 13:01
Cirebon: Kondisi jalur pantura pada H+4 Lebaran ini cukup padat. Kendaraan roda dua maupun roda empat terlihat berjalan merayap di jalur Pantura Cirebon, Jawa Barat atau perempatan Palimanan Cirebon.
 
Perempatan yang memisahkan jalur menuju Jakarta dan Bandung dari arah Cirebon ini terpantau padat. Petugas kepolisian terus mencoba mengurai kepadatan. Salah satunya dengan melakukan rekayasa lampu merah.
 
Kapospam Palimanan Iptu Sae Mulyana mengatakan pihaknya menerapkan sistem 2:1 di lampu merah Palimanan. Sistem tersebut nantinya akan memberlakukan dua kali lampu hijau untuk arah Jakarta dan satu kali lampu hijau dari arah Bandung menuju Cirebon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hal tersebut untuk mengurai kepadatan yang terjadi," kata Sae di Cirebon, Jawa Barat, Minggu, 9 Juni 2019.
 
Sae menjelaskan kepadatan lalu lintas di jalur tersebut sudah terjadi sejak pagi hingga siang hari ini. Tingginya arus balik pada hari ini dikarenakan besok sudah mulai masuk hari kerja.
 
Untuk mencegah adanya kemacetan panjang, Polisi juga menutup jalur arah Bandung dari arah Jakarta. Pihak kepolisian akan mengarahkan kendaraan untuk terlebih dahulu menuju Cirebon.
 
Pengendara dari arah Jakarta, bisa menggunakan putaran balik di daerah Jamblang untuk kembali menuju arah Bandung. Hal tersebut untuk menghindari persilangan yang terjadi di lampu merah Palimanan, bagi kendaraan dari Jakarta yang hendak menuju Bandung.
 
"Biasanya dari Indramayu bisa langsung belok kanan ke arah Bandung. Tapi, untuk menghindari persilangan, kita arahkan ke Cirebon dulu, baru putar balik," pungkas Sae.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif