Ilustrasi Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, memeriksa kesehatan penumpang pesawat yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta,Kota Tangerang, Banten, Rabu, 15 Mei 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir.
Ilustrasi Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta, memeriksa kesehatan penumpang pesawat yang tiba di Bandara Soekarno-Hatta,Kota Tangerang, Banten, Rabu, 15 Mei 2019. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir. (Hendrik Simorangkir)

Bandara Soetta Antisipasi Cacar Monyet

penyakit langka
Hendrik Simorangkir • 15 Mei 2019 18:51
Tangerang: Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas I Soekarno-Hatta meningkatkan pengawasan terhadap penumpang dari luar negeri yang tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta (Soetta), Tangerang. Peningkatan pengawasan penumpang dilakukan setelah ditemukannya kasus seorang wisatawan asal Afrika yang mengidap penyakit cacar monyet atau Monkeypox di Singapura.
 
Kepala KKP Kelas I Soekarno-Hatta Anas Ma'ruf mengatakan peningkatan pengawasan dilakukan terhadap penumpang yang berasal dari negara-negara Afrika. Salah satunya dilakukan dengan pemindaian suhu tubuh menggunakan Thermal Scanner.
 
"Kita melakukan upaya-upaya untuk melakukan kewaspadaan. Jadi di sini kita melakukan satu pengamatan suhu tubuh melalui thermal scanner kepada seluruh penumpang dan kru yang datang ke negara kita terutama dari negara-negara yang ada kasus (Monkeypox) lainnya pada kesempatan ini kita tingkatkan pengawasannya," kata Anas di Terminal 3 Bandara Soetta, Tangerang, Rabu, 15 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Anas menjelaskan cacar monyet merupakan penyakit langka yang disebabkan oleh virus dan ditularkan pada manusia melalui hewan di Afrika. Pada umumnya penularan cacar monyet ini diakibatkan oleh kontak dengan hewan terinfeksi, seperti primata, tupai, tikus atau hewan pengerat lainnya.
 
"Kemudian yang kedua adalah dengan melakukan namanya surveillance sindromik. Itu kami melakukan pengamatan secara visual kepada orang yang datang terutama dari negara yang ada ditemukan kasus," jelas Anas.
 
KKP Kelas I Soekarno-Hatta juga menyediakan ruang perawatan khusus atau ruang isolasi jika ditemukan penumpang yang terjangkit Cacar Monyet. Namun sejauh ini petugas belum menemukan penumpang yang terjangkit penyakit Monkeypox tersebut.
 
"Kami juga memberikan edukasi kepada masyarakat melalui media digital yang berada di Bandara Soekarno-Hatta," pungkas Anas.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif