Wali Kota Bandung Oded M. Danial
Wali Kota Bandung Oded M. Danial (Roni Kurniawan)

Tol Sepanjang 14,3 Km di Bandung bakal Dibangun

pembangunan infrastruktur
Roni Kurniawan • 02 Januari 2019 13:14
Bandung: Kota Bandung akan segera miliki tol dalam kota sebagai upaya menanggaulangani kemacetan. Rencananya pembangunan tol kota akan di mulai pada akhir 2019 ini dari kawasan Pasirkoja hingga dekat Gasibu.
 
Wali Kota Bandung Oded M. Danial mengatakan pembangunan tol dalam kota merupakan proyek dari pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Tol dalam kota tersebut pun memiliki panjang 14,3 kilometer yang akan dibangun di atas meridian jalan.
 
"Nanti itu dari mulai tol Soroja (Soreang-Pasirkoja) ke Supratman (dekat Gasibu). Ini program pemerintah pusat dan provinsi, karena jalur yang akan digunakan merupakan jalan provinsi sepanjang 14,3 kilometer," ujar Oded di Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana, Rabu 2 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Oded menuturkan, dalam proses pembangunan tol dalam kota tersebut Pemkot Bandung tidak ikut andil langsung. Pasalnya anggaran yang digunakan berasal dari APBN dan APBD Jabar.
 
"Bukan dari APBD kita, karena kita mah enggak punya duit. Salah satu anggarannya ada dari pihak ketiga juga," sambungnya.
 
Tol dalam kota tersebut nantinya akan menyambung dengan tol lingkar dalam yang tengah direncanakan oleh Pemprov Jabar yakni dari Pasteur sampai Ujungberung.
 
"Nantinya akan nyambung juga ke Gede Bage. Mungkin sekarang ini yang ada pembangunannya dimulai dari yang tadi (Pasirkoja-Gasibu)," tutur Oded 
 
Sementara itu, Oded mengaku akan ada pembebasan lahan baik milik masyarakay atau swasta dalam pembangunan toll tersebut. Namun Oded meyakini tidak akan dilakukan secara besar-besaran untuk pembebahan lahan guna pembangunan infrastruktur baru tersebut.
 
"Ada pembebasan lahan, tapi tidak banyak. Karena ini kan nantinya ada di atas jalan raya," pungkasnya.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi