Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meninjau pergeseran tanah yang terjadi di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi,  Jawa Barat. Istimewa
Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto meninjau pergeseran tanah yang terjadi di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat. Istimewa (Antonio)

Kementerian PUPR Diminta Bangun Turap Kali Bekasi

pembangunan
Antonio • 03 Januari 2019 11:59
Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi meminta agar Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membangun turap di sepanjang Kali Bekasi pada tahun ini. Turap diperlukan untuk mencegah terjadinya pergeseran tanah.

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, mengatakan sudah hampir dua puluh tahun Kali Bekasi tidak direstorasi. Sehingga, hal tersebut menjadi salah satu penyebab munculnya sejumlah titik rawan pergeseran tanah.

"Di beberapa lokasi sudah sangat kritis sehingga terjadi pergeseran tanah dan juga penggerusan terhadap lahan yang ada," kata Tri saat meninjau rumah yang rawan ambles di Kelurahan Sepanjang Jaya, Kota Bekasi, Jawa Barat,  Kamis 3 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

"Harapan besarnya adalah bagaimana di 2019 ini, kalau ada kegiatan yang dilaksanakan Kementrian PU (di Kota Bekasi), untuk dipindahkan. Ini akan menjadi prioritas utama. Nanti, kemarin yang sudah terjadwalkan, bisa kita lakukan pada tahun berikutnya," sambung Tri.

Dirnya juga berharap supaya pembangunan turap tersebut segera dilakukan untuk mencegah adanya rumah tinggal atau bangunan milik warga ambles.

"Tapi kalau ini tidak disegerakan, ini akan banyak lagi warga kota bekasi yang tidak memiliki rumah dan tempat tinggal, yang mereka tempat tinggalnya akan berubah menjadi sungai," tuturnya.

Menurutnya, kondisi tempat tinggal dengan kategori rawan ambles di Kali Bekasi ada sepanjang 5 sampai 10 kilometer. "Karena ini (Kali Bekasi) dua sisi. Kemudian, memang harus segera dilakukan pembuatan turap," tutupnya.


(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi