Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri di Depok, Medcom.id - Octa
Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri di Depok, Medcom.id - Octa (Octavianus Dwi Sutrisno)

Angka Pengangguran 2018 Paling Rendah Sepanjang Reformasi

pengangguran
Octavianus Dwi Sutrisno • 18 Januari 2019 18:28
Depok: Angka pengangguran di Indonesia turun hingga 5,3 persen di awal 2019. Angka itu lebih rendah ketimbang periode yang sama di 2018 yaitu 5,61 persen.
 
Menurut Menteri Tenaga Kerja Muhammad Hanif Dhakiri, angka pengangguran itu paling rendah sepanjang masa reformasi di Indonesia. Hanif pun bertekad terus menekan angka pengangguran sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).
 
"Jumlah pengangguran ini paling rendah sepanjang masa reformasi di Indonesia," ujar Hanif usai menghadiri gelar produk IWAPI di Jalan Keadilan, Rangkapan Jaya, Pancoran Mas Kota Depok Jumat 18 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menyusun program yang dimasukkan ke RPJMN. Beberapa poin penting yaitu menurunkan angka kemiskinan dan pengangguran, memastikan kondisi politik stabil, dan meningkatkan pembangunan infrastruktur.
 
"Pengurangan angka pengangguran kan sudah masuk juga di RPJMN, kita usahakan pengurangannya sampai angka lima persenanan. Ini sudah paling rendah ya," lanjut Hanif.
 
Saat ditanya, mengenai zona wilayah yang masih terpantau tinggi tingkat penganggurannya, Hanif menegaskan Kota Depok termasuk salah satunya.
 
"Depok ini masih tinggi, persentasenya sekitar 6,6 persen. Sehingga memang harus ada langkah-langkah (treatment) untuk menguranginya," pungkasnya.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi