Wakil Presiden Jusuf Kalla usai menghadiri acara Silahturahmi Kebangsaan di Hotel Horison, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu 17 Maret 2019. Medcom.id/Roni Kurniawan
Wakil Presiden Jusuf Kalla usai menghadiri acara Silahturahmi Kebangsaan di Hotel Horison, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu 17 Maret 2019. Medcom.id/Roni Kurniawan (Roni Kurniawan)

Sentani dan Jayapura Tanggap Darurat

banjir bandang papua bencana banjir Bencana Alam Papua
Roni Kurniawan • 17 Maret 2019 13:32
Bandung: Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla memastikan penanganan bencana di Sentani dan Jayapura terus berjalan. Tanggap darurat bencana sudah berlaku setelah daerah tersebut diterjang bencana pada Sabtu, 16 Maret 2019.
 
"Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) menangani itu. Untuk penanganan bencana begitu sudah ada aturannya," ujar JK usai menghadiri acara Silahturahmi Kebangsaan di Hotel Horison, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu 17 Maret 2019.
 
Pemerintah pusat turun tangan guna menangani banjir bandang dan longsor. Terutama untuk membantu operasi BPBD dalam penanganan bencana dan mengevakusi korban.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tentu tergantung besaran korban nanti akan dibantu pemerintah apabila memang bencana besar seperti itu," sambungnya.
 
Baca: Sentani Berpotensi Banjir Susulan
 
Banjir bandang dan longsor menerjang Kabupaten Jayapura, Papua, pada Sabtu, 16 Maret 2019/ Bencana ini menewaskan 50 jiwa.
 
Dugaan penyebab banjir bandang tersebut adalah kultur tanah dan maraknya pemukiman warga Sentani di sekitar cekungan, sehingga berdampak pada arus air.
 
Hingga saat ini, tim SAR gabungan masih melakukan pencarian korban jiwa dan hilang. Sebab, ada dugaan korban jiwa akan bertambah.
 
Baca: 50 Meninggal, 59 Luka-Luka
 
 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif