Ilustrasi BUMDes. (Foto: Antara/Mohamad Hamzah)
Ilustrasi BUMDes. (Foto: Antara/Mohamad Hamzah) (Roni Kurniawan)

500 BUMDes di Jabar 'Disuntik' Modal

dana desa pembangunan desa
Roni Kurniawan • 14 Mei 2019 14:12
Bandung: Sebanyak 500 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Jawa Barat akan mendapat modal bantuan masing-masing Rp100 juta. Modal tersebut agar BUMDes bisa meningkatkan kualitas desa.
 
"Kita akan bantu permodalan untuk 500 BUMDes, masing-masing Rp100 juta untuk setiap BUMDes," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPM-Desa) Jawa Barat, Dedi Supandi, melalui sambungan telepon, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Dedi mengatakan, sebanyak 3.695 desa di Jabar telah memiliki BUMDes, sedangkan 746 desa masih belum memiliki BUMDes. Program satu desa satu perusahaan atau One Village One Product menjadi salah satu upaya Pemprov Jabar untuk meningkatkan BUMDes dan kesejahteraan masyarakat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi ada desa yang sudah punya BUMDes belum eksis atau kerja optimal. Makanya dengan bantuan modal ini diharapkan BUMDes bisa lebih optimal dan tentu kita dampingi juga," beber Dedi.
 
Dedi mengaku, akan mengutus Chief Executive Officer (CEO) untuk membantu BUMDes yang tidak optimal. CEO akan membantu mulai dari peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) hingga market bisnis, agar BUMDes bisa berjalan optimal.
 
"Hal itu bisa membantu dalam aspek dari mulai peningkatan kapasitas, mentorship, maupun market plan tentang kondisi BUMDes," pungkasnya.
 

(LDS)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif