Pesan Ridwan Kamil untuk Penjabat Bupati Cirebon
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil usai pelantikan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 19 November 2018. Medcom.id/ Roni Kurniawan.
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Emil) memberi perhatian khusus kepada Pemerintah Kabupaten Cirebon. Emil tidak main-main soal integritas setelah Kabupaten Cirebon dipimpin Dicky Saromi.

"Harus saling mengingatkan, saling menasihati. Kita semua terpukul (kasus OTT mantan Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra), prihatin. Dan itu menjadi pelajaran kita semua, jadi tidak main-main soal integritas," kata Emil usai pelantikan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jawa Barat, Senin, 19 November 2018.

Emil berpesan agar Dicky mematuhi aturan yang dikeluarkan Kemendagri melalui PP No. 49 Tahun 2008, di antaranya yakni dilarang melakukan rotasi di lingkungan Pemkab Cirebon serta melakukan kebijakan yang bertentangan dengan kebijakan pejabat sebelumnya.


"Ujung-ujungnya semua kebijakan tidak boleh diambil sendiri, harus konsuktasi ke gubernur, kira-kira begitu," jelas Emil.

Sementara itu, Emil mempersilakan Dicky untuk membahas anggaran perubahan 2018 serta anggaran murni 2019. Emil berharap, pembahasan anggaran Pemkab Cirebon yang sempat tertunda pasca adanya OTT oleh KPK bisa diselesaikan dengan cepat.

"Sambil saya titip, jadi hikmah, jadi pelajaran (kasus OTT). Jangan melakukan hal-hal negatif seperti yang sebelumnya ya. Karena satu dari 12 modus yang saya catatkan memang salah satunya di rotasi mutasi. Mudah-mudahan, saya berdoa tidak ada lg hal-hal seperti itu di Jawa Barat," tegas Emil.

Emil mengungkapkan, Dicky menjabat sebagai Pj. Bupati Cirebon hingga waktu yang belum ditentukan. Pasalnya Pemprov Jabar masih berkoordinasi dengan Kemendagri terkait penentuan bupati definitif yang akan ditetapkan.

"Saya belun tahu, sekitar Maret atau April (2019) kalau menurut jadwal sebelumnya. Tapi saya nanti konsultasi ke Kemendagri," pungkas Emil.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id