Dinsos se-Indonesia Diimbau Mendata Penyandang Disabilitas
Menteri Sosial Agus Gumiwang bersama salah satu penyandang disabilitas dalam rangkaian kegiatan Perayaan Hari Disabilitas di Summarecon Mall Bekasi, Minggu 2 Desember 2018. Medcom.id/Antonio
Bekasi: Kepala dinas sosial (Kadinsos) tingkat provinsi, kota dan kabupaten se-Indonesia diimbau untuk mendata penyandang disabilitas di wilayahnya. Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita meminta dinsos di tiap tingkat pemerintahan lebih proaktif.

"Kami telah meminta upaya yang lebih tinggi dari Kadinsos yang ada di seluruh Indonesia untuk mereka proaktif, untuk mendata," kata Agus di Bekasi, Jawa Barat, Minggu, 3 Desember 2018.

Pendataan perlu dilakukan lantaran masih banyak keluarga yang kecil hati untuk melaporkan anggota keluarga yang menyandang disabilitas. Dia pun berharap masyarakat tidak malu dengan disabilitas yang dimilikinya atau keluarganya.


"Ini kan upaya kita untuk membuka mata dari seluruh masyarakat luas bahwa disabilitas itu punya potensi, potensi ini harus kita gali," ujarnya.

Kementerian Sosal telah mengantongi sejumlah data terkait populasi penyandang disabilitas dari sejumlah pihak. Tapi, data tersebut tidak sama.

Dia menilai perlu dilakukan pendataan agar mendapat jumlah yang akurat. "Di Susenas itu ada 6 juta populasi jumlah disabilitas. Lalu di survei penduduk antar sensus (supas) ada 20 juta. Ini kan perbedaan yang luar biasa dari 6 ke 20 ada 14 juta, ini darimana? Nah, ini yang harus terus kita benahi," tuturnya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id