Petugas Gabungan Siaga Antisipasi Longsor Susulan
Petugas gabungan mengevakuasi korban longsor di Purwakarta. Dok. Basarnas Jawa Barat
Purwakarta: Petugas gabungan kini tengah fokus membersihkan material longsor di Desa Salam Jaya, Kecamatan Pondok Salam, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat. Hal itu dilakukan setelah ditemukan seluruh korban longsor empat orang meninggal dunia.

Sebanyak sembilan orang menjadi korban bencana longsor di Kabupaten Purwakarta yang terjadi pada Selasa malam, 27 November 2018, empat di antaranya meninggal dunia. Pembersihan material pun menjadi fokus selanjutnya para petugas gabungan di lapangan saat ini.

"Korban sudah ketemu semuanya, Korban sudah dibawa ke rumah sakit lalu diserahkan ke keluarga. sementara kita masih fokus pembersihan material longsor," ujar Manajer Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) BPBD Jawa Barat, Budi Budiman, saat dihubungi Medcom.id, Rabu 28 November 2018.


Baca: Longsor di Purwakarta, Empat Orang Tewas

Budi menjelaskan, bencana di Purwakarta tersebut dikarenakan hujan deras yang terjadi pada Selasa kemarin yang menyebabkan pemukiman di area tebing tergerus ke bawah. 

"Jadi itu rumah diatas jatuh ke bawah. Kejadian itu longsor rumah ke bawah bukan rumah yang tertimbun, karena rumah itu posisinya di gawir (mulut tebing)," sambung Budi.

Kini para petugas gabungan bersama masyarakat pun saling membahu untuk membersihkan material longsor. Budi mengimbau warga yang masih berada di sana untuk meninggalkan sementara rumah yang khawatir terjadi longsor susulan.

"Untuk rumah yang berada di wilayah-wilayah rawan itu, sebetulnya kita sudah mengimbau ke pemerintah daerah untuk siap siaga, dan warga kalau bisa meninggalkan sementara rumahnya yang masuk daerah rawan," imbaunya.

Sementara itu, petugas gabungan akan selalu siaga di kawasan tersebut guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan. "Petugas tetap disiagakan disana sebagai antisipasi," tegasnya.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id