Polisi Tangkap Penipu yang Kerap Beraksi di ATM Mal

Farhan Dwitama 20 November 2018 14:18 WIB
penipuan
Polisi Tangkap Penipu yang Kerap Beraksi di ATM Mal
Polisi menunjukan baeang bukri dari penangkapan empat penipu yang kerap beraksi di mesin ATM mal di Tangerang, Banten, Selasa, 20 November 2018. Medcom.id/ Farhan Dwitama.
Tangerang: Tim Vipers Polres Tangerang Selatan menangkap Joy, 24, Rendy 25, Tomi Suryanto, 30, dan Agung Tri Pamungkas, 19, karena menipu pengguna mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di sejumlah pusat perbelanjaan di Tangerang, Banten.

Keempatnya berhasil dibekuk, setelah Polisi mendapat tiga laporan korban yang tertipu dengan modus para pelaku. Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alexander menjelaskan, penipuan kuras uang dalam mesin ATM itu dilakukan pelaku sejak Oktober 2018. 

"Modusnya para pelaku mengajak berbicara calon korban yang mengantre di mesin ATM mall. Aksinya ini selalu dilakukan di mesin ATM mal," kata Alex di Mapolres Tangerang Selatan, Selasa, 20 November 2018.


Alex menjelaskan,dalam aksinya, pelaku memepet calon korban yang ada di mesin ATM, dikatakan pelaku kalau korban ini punya penyakit. Dengan cara meyakinkan, para pelaku kemudian mengaku bisa menyembuhkan korbannya. 

"Jadi ada empat pelaku dalam setiap aksi. Satu pelaku ini yang menyebut korban punya penyakit dan mengaku bisa menyembuhkan, sementara tiga pelaku meyakinkan korban dengan mengatakan seolah-olah membenarkan ada penyakit ini-itu seperti yang dituduhkan pelaku kepada korban," ucap Alex. 

Setelah percaya terhadap pelaku, korban secara tidak sadar menyebutkan pin ATM korban.

"Sebelumnya, pelaku menukar kartu ATM yang sama persis dengan milik korban. Di situ kemudian pelaku menguras habis isi atm korban dan korban baru sadar kalau dia menjadi korban," ucap Alex.  

Menurut Alex, pihaknya masih melakukan pengembangan atas kasus tersebut. Pihaknya menduga, aksi tersebut telah berlangsung lama.

"Kami perkirakan korbanya lebih dari tiga orang, kami imbau masyarakat untuk melakukan pelaporan jika mengalami hal serupa," pungkas alex.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id