Depok Kerahkan Alat Berat Jelang Musim Hujan

Octavianus Dwi Sutrisno 27 Oktober 2018 17:09 WIB
musim hujan
Depok Kerahkan Alat Berat Jelang Musim Hujan
Warga memancing di Situ Pengarengan, Depok, Jawa Barat. MI/Bary Fathahilah
Depok: Kepala Bidang Sumber Daya Air (SDA), Dinas PUPR Kota Depok, Jawa Barat, Citra Yulianti, menyebut sejumlah alat berat disiapkan menjelang musim penghujan. Pengerukan di beberapa sungai kecil (kali) dekat permukiman warga berjalan untuk mengantisipasi banjir .

"Kita sering melakukan pengerukan di beberapa kali yang berpotensi banjir seperti Kali Cipayung (dekat sungai Ciliwung), Kali di wilayah Sugutamu dan wilayah lain," kata dia kepada Medcom.id.

Citra mengakui sejumlah laporan bencana masuk saat memasuki musim hujan tahun ini. Namun, dampak bencana tersebut masih dapat dikendalikan.


Sedikitnya ada  lima laporan lokasi longsor dan banjir yang diterima Dinas PUPR Kota Depok. Empat longsor dan satu banjir yang tersebar di Kecamatan Sukamaju, Kecamatan Beji, dan Kecamatan Pancoran Mas.

"Sejauh ini semua sudah kita tangani walaupun sifatnya hanya sementara," bebernya.

Dia berharap masyarakat awas bencana. Warga juga diminta peduli lingkungan agar bencana tak melanda.

Kepala Dinas PUPR Kota Depok Manto menyebut sejumlah alat berat ditempatkan di lokasi cekungan dan perbatasan kali. "Selain menyediakan alat berat di enam titik untuk meminimalisir terjadinya banjir maupun genangan," kata dia.

Dinas PUPR Depok secepat mungkin mengangkat sedimen kali dan normalisasi situ. Apalagi intensitas hujan mulai tinggi.

Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) juga ikut menormalisasi sungai di beberapa titik lokasi. Misalnya Situ Pangarengan, Situ Cilangkap dan Situ Citayam.

"Normalisasi juga dilakukan pihak BBWSCC, karena Kota Depok merupakan daerah penyangga air sebelum air tersebut sampai ke Jakarta. Upaya ini juga bentuk kesiapan kami dalam menghadapi musim hujan," pungkasnya.



 



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id