Maju ke Senayan, Seniman Tarling Perjuangkan Budaya Pantura
Diana Sastra, seniman tarling maju sebagai bakal caleg Partai NasDem Dapil VIII untuk ke DPR RI , Medcom.id - Rofahan
Cirebon: Bagi penggemar kesenian tarling Cirebonan, nama Diana Sastra sudah tidak asing lagi didengar. Penyanyi asli Cirebon, Jawa Barat, itu bukan hanya sering wara-wiri di sejumlah panggung di wilayah Pantura, namun sering juga mengisi acara musik di sejumlah televisi swasta.

Bahkan, saat ini, sejumlah lagunya sudah banyak syairnya yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Seperti halnya lagu Juragan Empang. Lagu gubahan versi indonesia itupun, cukup melejit dan membuat Diana Sastra bukan hanya dikenal di Cirebon, tapi juga Indonesia.

Kini, Diana Sastra bakal meramaikan persaingan menjadi anggota DPR RI dalam pemilihan legislatif nanti. Ia maju melalui Partai NasDem dengan Daerah Pemilihan VIII yang meliputi Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, dan Indramayu.


"Iya, saya sudah resmi maju sebagai calon anggota DPR RI dari Partai NasDem," ujar Diana Sastra saat ditemui di kediamannya, Kamis 16 Agustus 2018.

Ia menuturkan, alasan dirinya memilih NasDem. Karena, partai ini cukup fleksibel dan tidak terlalu banyak aturan yang harus diikuti oleh seorang caleg sepertinya. Selain itu,prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Partai NasDem juga, sesuai dengan visi dan misinya.

"Sehingga saya merasa nyaman," kata Diana.

Diana mengakui juga dilamar oleh sejumlah partai untuk maju menjadi anggota dewan. Namun penyanyi dengan khas rambut gimbalnya itu, menolak secara halus. Ia mengaku fokus dengan NasDem, sebagai partai yang pertama meminangnya.

"Ada partai lain yang mengajak, tapi saya tolak secara halus," katanya.

Diana mengungkapkan, salah satu tujuan dia maju sebagai Caleg DPR RI, yaitu untuk memperjuangkan para seniman dan seni budaya yang ada di Pantura. Selain itu, pengalamannya ketika blusukan manggung, menjadi modal kuat bagi dirinya untuk maju menjadi dewan.

"Saya sering saat manggung, harus menyebrangi sungai. Karena wilayah tersebut tidak memiliki jembatan," kata Diana.

Hal lainnya, yaitu, ia mengaku sangat miris dengan kondisi para pelaku seni saat ini. Diana mengungkapkan, bahwa ia sebagai pelaku seni, sangat kesulitan untuk bisa mendapatkan kredit, dengan alasan tidak memiliki bukti gaji yang tetap. Menurutnya, kondisi tersebut cukup menyulitkan bagi pekerja seni, yang sangat membutuhkan kredit sebagai salah satu penopang hidupnya.

"Sehingga banyak para penyanyi atau pekerja seni lainnya, kesulitan meminjam kredit," ujar Diana.

Dua hal inilah yang membulatkan tekadnya untuk maju dalam pencalonan DPR RI. Ia mendapatkan nomor urut 4 pada Partai NasDem dengan dapil 8 Cirebon dan Indramayu.

"Pengalaman saya manggung, akan dijadikan sebagai acuan visi misi saya ketika terpilih jadi anggota dewan. Yaitu kondisi masyarakat dan seniman," kata Diana.



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id