Gerai Samsat dibuka di Tangcit Mall, Medcom.id - Hendrik
Gerai Samsat dibuka di Tangcit Mall, Medcom.id - Hendrik (Hendrik Simorangkir)

Bayar Pajak Kendaraan di Tangerang Bisa Dilakukan di Mal

pajak
Hendrik Simorangkir • 25 Januari 2019 07:10
Tangerang: Warga Tangerang, Banten, dapat membayar pajak kendaraan bermotor di Tangerang City (Tangcit) Mall. Cara itu dianggap dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk membayar pajak kendaraan.
 
Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Banten Opar Sohari meresmikan gerai layanan Samsat di Tangcit, Kamis, 24 Januari 2019. Opar menyebut upaya itu sebagai jemput bola.
 
Gubernur Banten Wahidin Halim mengapresiasi kegiatan tersebut. Ia menilai itu sebagai inovasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya apresiasi. Masyarakat dimudahkan membayar pajak. Sambil main, sambil belanja, bisa sekalian bayar pajak," ujar Wahidin dalam peresmian gerai.
 
Gerai Samsat Tangcity Mall akan melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor atau mengurus pengesahan STNK mulai Senin sampai Sabtu pukul 10.00-17.00 WIB. Ada 5 (lima) personel yang bertugas yakni petugas Samsat atau Bapenda, Polda Metro Jaya, Jasa Raharja, dan Bank Banten dengan sistem administrasi yang terintegrasi secara online.
 
Pemilik kendaraan plat B yang berdomisili di Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang dan Tangsel) cukup membawa berkas persyaratan untuk mengurus pembayaran pajaknya seperti KTP, STNK asli, SKPD asli, serta BPKB atau keterangan leasing. Jika sesuai prosedur, urusan pembayaran pajak bisa rampung dalam 5 menit.
 
"Pembukaan gerai Samsat ini sangat memudahkan masyarakat untuk melakukan pembayaran pajak kendaraan karena Tangcity Mall memiliki lokasi strategis di tengah Kota Tangerang sekaligus menjadi fasilitas penunjang untuk penghuni Apartemen Skandinavia yang baru menempati hunian mereka sejak akhir tahun lalu," jelas Direktur Tangcity Mall, Norman Eka Saputra.
 
Tangcity Mall mengawali tahun 2019 dengan meresmikan Gerai SIM bersama Polres Metro Tangerang Kota, pada 8 Januari 2019, untuk melayani masyarakat seluruh Indonesia yang ingin melakukan perpanjangan SIM. 
 
Sama seperti Gerai Samsat, proses perpanjangan SIM hanya membutuhkan waktu sebentar dengan syarat membawa dokumen seperti: fotokopi KTP, SIM A atau C yang masih berlaku, dan surat keterangan sehat dari dokter.
 

(RRN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi