Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno (Octavianus Dwi Sutrisno)

Kenaikan Anggaran Riset Tak Terkait Tahun Politik

Riset dan Penelitian
Octavianus Dwi Sutrisno • 16 Januari 2019 17:45
Depok: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menyebut anggaran riset diprediksi naik 0,25 persen, atau menjadi Rp990 miliar. Kenaikan anggaran tersebut untuk mengoptimalkan seluruh rancangan riset sehingga kebutuhan pembangunan Indonesia masa depan.
 
Puan menegaskan kenaikan anggaran ini tidak ada sangkut paut dengan tahun politik. Proyeksi anggaran abadi penelitian sudah disepakati legislatif dan eksekutif sejak awal.
 
"Ini udah kita rencanakan dari dulu, beberapa tahun lalu dari periode awal pak Jokowi menjabat sebagai Presiden, jadi enggak ada hubungan," kata Puan usai memenuhi undangan Diesel Natalis FMIPA Universitas Indonesia ke - 58, di Hall Laboratorium Riset Multidisiplin FMIPA UI - Pertamina, Kampus UI, Rabu sore 16 Januari 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Ketua Pansus RUU Sisnas-Iptek DPR RI Daryatmo Mardiyanto mengatakan DPR dan pemerintah sepakat mengalokasikan anggaran Rp 990 miliar untuk dana abadi penelitian. Dana ini untuk membiayai riset-riset yang lebih fleksibel yang tidak bergantung soal tahun dan administrasi yang rumit.
 
Daryatmo mengatakan dana abadi penelitian nantinya dikelola lembaga tertentu yang bisa diajukan perorangan, kelompok, ataupun institusi berhak mengajukan anggaran. Prosedur pengajuan dan pelaporan juga tidak terlampau rumit dan tidak bergantung pada siklus anggaran.
 
DPR yakin pola itu dapat memperbaiki sistem penganggaran, terutama untuk pelaksanaan riset. Dana abadi pendidikan sebesar Rp 990 miliar tercantum dalam pasal 21 ayat 3 huruf b UU Nomor 12 Tahun 2018 tentang APBN 2019. Dana abadi merupakan point pembeda dibanding anggaran tahun 2018 lalu.
 
Dalam beleid itu, total anggaran pendidikan pada 2019 dianggarkan sebesar Rp492 triliun atau 20 persen dari total anggaran. Sementara dana pengembangan pendidikan sebanyak Rp 20 triliun.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi