Lapangan Sempur, Ikon Bogor Menuju Kota Wisata Olahraga
Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berusaha menjadikan Lapangan Sempur sebagai ikon Bogor menuju kota wisata olahraga. Medcom.id/Rizky Dewantara
Bogor: Lintasan lari (jogging track) Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, kembali dibuka setelah empat bulan direvitalisasi. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berusaha menjadikan lapangan ini sebagai ikon Bogor sebagai kota wisata olahraga.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebu Bogor kota yang sangat ideal untuk dijadikan kota wisata olahraga. Pihaknya akan terus memberikan sarana dan prasarana yang lengkap, seperti Lapangan Sempur.

Selain membuat warganya sehat, akan membawa berdampak kesejahteraan masyarakat dan Pendapatan Asli Daerah (PAD). "Animo warga Jabodetabek (Jakarta Bogor Depok Tangerang dan Bekasi) untuk berolahraga di Kota Bogor semakin tinggi. Setiap akhir pekan, pengunjung yang datang ke Bogor tujuan utamanya untuk berolahraga," ujar Bima, ditemui di Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu, 27 Oktober 2018.


Tidak hanya taman-taman yang akan dipercantik dan dilengkapi fasilitas olah raga. Perkampungan di Kota Bogor dan kawasan tepian Sungai Ciliwung akan dirombak juga untuk mewujudkan kota wisata olahraga.

"Nantinya, sensasi olahraga atau berlari di Kota Bogor akan masuk ke kampung-kampung tematik dan lintasan lari di tepian Sungai Ciliwung," kata dia.

Pemkot Bogor harus mengeluarkan dana kurang lebih Rp 30 juta per bulan untuk biaya perawatan Lapangan Sempur demi memanjakan para pelari. Bima memastikan akan menepati janji kampanyenya menciptakan satu tempat olahraga di satu kecamatan

"Secara bertahap kami akan bangun fasilitas seperti ini. Paling tidak dalam tiga tahun kedepan enam kecamatan yang ada di Kota Bogor memiliki fasilitas serupa," tuntas Bima.


Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto saat pembukaan Lapangan Sempur, Kota Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/Rizky Dewantara

Khosy Dewanggana, 23, warga Bojonggede, Kabupaten Bogor. Mengaku, dengan ditambahnya fasilitas Lapangan Sempur untuk pecinta olahraga atletik sangat bermanfaat bagi masyarakat.

Lintasan lari Lapangan Sempur saat ini tidak becek dan berdebu seperti dulu. "Selama ini kan pasir, bisa tergelincir dan jatuh," akunya saat mencoba Lapangan Sempur.

Pemkot Bogor menggelontorkan dana hingga Rp3,2 miliar untuk mempercantik Lapangan Sempur. Lapangan Sempur memiliki  panjang lintasan lari 323,1 meter dengan luas permukaan 847 meter persegi.

Lintasan lari yang sebelumnya menggunakan kerikil dan tanah merah, kini dipasang lapisan khusus untuk lari. Trek yang empuk ini dapat membuat pengguna lari dengan nyaman dan menghindari cedera.





(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id