Desa Didorong Anggarkan Dana Antisipasi Bencana
Deddy Madjmoe, Ketua Pecinta Lingkungan Petakala Grage Cirebon, Jawa Barat. Medcom.id/Ahmad Rofahan
Cirebon: Bencana yang sering terjadi di sejumlah desa Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Komunitas Pecinta Lingkungan Petakala Grage Cirebon mendorong pemerintah desa menganggarkan dana antisipasi bencana.

Ketua Petakala Grage Deddy Madjmoe menyebut pemerintah desa tidak boleh terus bergantung ke pihak lain dalam mitigasi bencana.

Pemanfaatan anggaran desa untuk antisipasi bencana diperbolehkan. Hal ini termaktub Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDDT) RI Nomor 4 Tahun 2017, tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa.


"Pengadaan, pembangunan, pengembangan dan pemeliharaan sarana prasarana lingkungan, boleh digunakan untuk pemenuhan kebutuhan bencana alam sebanyak tiga kegiatan, yakni kesiapsiagaan menghadapi bencana alam, penanganan bencana alam dan pelestarian lingkungan hidup," kata Deddy di Cirebon, Rabu, 5 Desember 2018.

Pria yang sering dipanggil Abah ini menyebut peran pemerintahan desa sangat besar. Kewenangan pengaturan anggaran antisipasi bencana ini bergantung ke keputusan yang ditetapkan dalam musyawarah desa.

"Desa harus mulai untuk melakukan upaya ini," kata pecinta lingkungan yang sudah lama mengawasi Sungai Cisanggarung ini.

Camat Ciledug Kabupaten Cirebon Solihin mengaku pihaknya sudah menganggarkan biaya untuk antisipasi bencana. Bahkan, pihaknya sudah memiliki sejumlah peralatan keselamatan bencana yang dianggarkan pada tahun 2017 lalu.

Belanja inni salah satu bukti kesadaran pentingnya peralatan keselamatan bencana itu. "Kita punya perahu karet, pelampung dan sejumlah peralatan keselamatan lainnya,” kata Solihin.

Pihaknya akan mencoba untuk berkomunikasi dengan sejumlah pemerintah desa mengenai anggaran desa untuk penanggulangan dan antisipasi bencana. Solihin menyebut sejumlah desa sudah mulai menganggarkan untuk antisipasi bencana di 2019.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id