Warga Cilodong Perketat Pengawasan
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Depok: Lima orang warga Kelurahan Bojonglio, Kecamatan Cilodong, Kota Depok, Jawa Barat, diamankan Tim Densus 88 Antiteror. Penangkapan menggemparkan ini mendorong warga memperketat pengawasan di wilayah tempat tinggalnya.

"Kami sudah panggil RT RT dan nanti akan panggil juga tokoh-tokoh masyarakat dan agama. Ke depannya pendatang minimal harus setor surat nikah dan KK. Kalau KTP kan bisa ganda," kata Ketua RW 09, Bojonglio, Cilodong, Syamsudin, Jumat, 13 Juli 2018.

Dia menambahkan, belum ada penggeledahan dari petugas di rumah kelima orang yang dibawa Densus tersebut hingga saat ini.


Wakapolresta Depok AKBP Arif Budiman mengatakan, pihaknya telah meningkatkan keamanan di lokasi-lokasi rawan kriminalitas.

"Kita sebar patroli skala besar di jam-jam rawan, terutama setiap Minggu, untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan," ungkap Arif saat dihubungi di Mapolresta, Jalan Raya Margonda Kota Depok, Jawa Barat.

Dia mengakui teroris tidak bisa ditanggulangi oleh polisi. Semua pihak, termasuk warga, harus saling koordinasi.

"Imbauan sudah cukup kita berikan Bhabinkamtibmas, seperti memberikan arahan saat salat Zuhur di masjid dan tokoh masyarakat juga kita selalu berkoordinasi," tegasnya.

Dia pun menyatakan, polisi siap membantu operasi yustisi jika Pemkot Depok membutuhkan.



(SUR)