Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Ibnu Chuldun (memegang mikrofon) di Lapas Sukamiskin Bandung, Senin, 17 September 2018. Medcom.id/P. Aditya Prakasa
Kepala Kanwil Kemenkumham Jawa Barat Ibnu Chuldun (memegang mikrofon) di Lapas Sukamiskin Bandung, Senin, 17 September 2018. Medcom.id/P. Aditya Prakasa (P Aditya Prakasa)

Narapidana Lapas Sukamiskin Renovasi Kamar Sel Rusak

sidak lapas lembaga pemasyarakatan
P Aditya Prakasa • 17 September 2018 12:54
Bandung: Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Barat tidak akan merombak kamar sel di Lapas Sukamiskin walau beberapa di antaranya telah direnovasi warga binaan. Alasan utamanya, kekhawatiran kerusakan pada konstruksi sel.
 
Kepala Kemenkumham Jawa Barat Ibnu Chuldun mengatakan hampir semua sel yang ada di Lapas  Sukamiskin berkondisi rusak berat. Dinding kamar rata-rata lapuk dan membuat air kerap merembes disertai kayu yang rapuh. Ditambah, toilet banyak yang sudah tidak berfungsi.
 
Kebanyakan penghuni sel merenovasi sel melapisi tembok dengan plywood atau kertas dinding dan mengganti toilet dengan kloset duduk. Seperti ruangan yang ditempati narapidana korupsi Setya Novanto.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Lapas Sukamiskin Bantah Istimewakan Terpidana Korupsi
 
Ibnu menegaskan tidak akan membongkar kamar meski renovasi sudah dilarang dan masuk aturan aturan.
 
"Toilet duduk dan eksisting kamar yang saat ini ada, yang sudah pelapis dinding akan dipertahankan keberadaannya. Tidak akan dirombak dan tidak dirobohkan. Tidak mungkin, karena anggarannya enggak ada," kata Ibnu di Lapas Sukamiskin Bandung, Senin, 17 September 2018.
 
Apabila dilakukan perombakan kemungkinan tidak akan bisa dimanfaatkan lagi. Bahkan membutuhkan anggaran yang cukup besar.
 
Dia memastikan tidak akan ada lagi petugas yang memasukkan barang mewah, seperti pendingin ruangan (AC), kulkas, televisi, atau gawai untuk para narapidana.
 
"Kami akan tindak tegas oknum yang melakukan hal itu. Tidak ada lagi toleransi," kata dia.
 
Kamar sel di Lapas Sukamiskin berjumlah 556 sel. Jumlah itu dibagi tiga cluster berdasarkan luasan yang masih mempertahankan desain buatan Belanda sejak dibangun pada 1918.
 
Baca: 'Kamar Sel Mewah Novanto Warisan Narapidana Sebelumnya'
 
Sel yang kecil variasi ukurannya sebesar 250 sentimeter (cm) x 160cm, 250cm x 157 cm, 252 cm x 160 cm, 257cm x 156 cm. Ruangan ini kebanyakan berada di lantai  bawah. Totalnya ada 463 sel, 122 diantaranya masih tidak berpenghuni.
 
Lalu, sel berukuran sedang variasi ukurannya 309 cm x 250cm, 323cm x 240 cm, 325cm x 245cm. Kamar sel ini berada di lantai dua Lapas Sukamiskin dengan total 41 sel, dua sel di antaranya tidak berpenghuni.
 
Terakhir, sel yang berukuran besar, variasinya seluas 324cm x 250 cm, 329cm x 250 cm, 330cm x 252cm dan 540cm x 247cm. Total keseluruhan sel besar ini 52 ruangan, dua di antaranya tidak berpenghuni.
 

 
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif