Emil Tantang Wawalkot Bandung Debat Skywalk

Roni Kurniawan 24 Oktober 2018 14:23 WIB
pedagang kaki lima
Emil Tantang Wawalkot Bandung Debat <i>Skywalk</i>
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Medcom.id/Roni Kurniawan
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menunggu kesediaan Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana untuk berdebat mengenai skywalk  (pedestarian layang) sebagai solusi relokasi pedagang kaki lima (PKL) di Jalan Ahmad Yani (Cicadas). Pasalnya Yana menilai konsep skywalk tidak tepat untuk relokasi ratusan PKL Cicadas.

Menurut pria yang akrab disapa Emil ini, konsep skywalk atau jalan layang salah satu cara untuk merelokasi 752 PKL Cicadas. Bahkan konsep tersebut pernah diungkapkan Emil kala masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2013-2018.

"Menurut saya skywalk solusi. Kalau bukan silakan berdebat. Kecuali punya solusi yang lain. Kalau dinyatakan tidak solutif, ya apa dong solusinya?" ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu, 24 Oktober 2018.


Baca: Skywalk Bukan Solusi Relokasi PKL Cicadas

Relokasi PKL dengan menggunakan konsep skywalk dinilai telah berhasil dilakukan di kawasan Jalan Cihampelas. Sebanyak hampir 200 PKL yang dulu berjualan di atas trotoar Jalan Cihampelas menempati tempat baru di Skywalk Cihampelas.

"Buktinya Cihampelas beres. Karena seorang pemerintah tidak bisa menggusur tanpa solusi," sambungnya.

Emil mengakui memiliki beberapa alternatif tempat selain skywalk di Jalan Cikutra yang tak jauh dari PKl Cicadas. Di antaranya memindahkan PKL ke gedung bekas mal di kawasan Cicadas.

"Cicadas itu dulu pilihannya mal untuk relokasi, tapi bermasalah di aspek hukum. Maka bercermin dari Cihampelas, dibangunlah usulan Cicadas sama (skywalk)," bebernya.

Jika konsep skywalk dinilai tidak tepat, Emil pun menanti solusi dari Yana. "Kalau itu (skywalk) dianggap tidak oleh rezim baru sekarang, silakan. Saya tunggu solusinya seperti apa," tegas Emil.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id