Teras Cikapundung, Tempat 'Ngadem' di Bandung
Suasana di sekitar Teras Cikapundung, sungai yang direstorasi Ridwan Kamil saat masih menjabat Wali Kota Bandung, Selasa, 9 Oktober 2018, Medcom.id - Aditya
Bandung: Teras Cikapundung merupakan salah satu kawasan sungai yang dinormalisasi Ridwan Kamil semasa masih menjabat Wali Kota Bandung, Jawa Barat. Dua tahun setelah diresmikan, Cikapundung masih menjadi salah satu tempat rekreasi warga di Bandung.

Pantauan Medcom.id, Teras Cikapundung berupa lokasi di pinggir sungai, tepatnya di Jalan Siliwangi, Hegarmanah. Pepohonan dan taman menghiasi kawasan tersebut.

Air mengalir dengan jernih. Tak ada bau maupun sampah di sekitar lokasi.


Debit air berkurang. Tapi beberapa anak tampak asyik bermain di sungai.

"Enak ngadem di sini. Enggak terlalu banyak orang. Bikin rileks," kata Daniel, pengunjung yang ditemui Medcom.id di Teras Cikapundung, Selasa, 8 Oktober 2018.

Kesan serupa pun didapat Yeni Marlina, 29. Ia mengajak suami dan anaknya ke Teras Cikapundung.

Setelah menembus kemacetan lalu lintas di Bandung, Yeni dan keluarga pun beristirahat sejenak di Cikapundung. Mereka duduk-duduk santai sambil melihat aksi beberapa anak berenang di sungai.

"Kalau kata saya, tempat ini perlu dirawat lagi," ungkap Yeni.

Teras Cikapundung diresmikan pada 30 Januari, dua tahun lalu. Restorasi sungai dilakukan selama dua tahun di masa Ridwan Kamil menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

Baca: Teras Cikapundung Resmi Dibuka

Pembangunan Teras Cikapundung bertujuan menata kawasan sempadan Sungai Cikapundung. Sehingga masyarakat dapat beraktivitas dengan nyaman di sekitar sungai. Selain itu, restorasi sungai juga bertujuan menjaga kualitas air dan mengendalikan potensi banjir.

Lihat video:
 



(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id