Petugas mengevakuasi material yang dibawa banjir bandang Kota Depok, Jawa Barat, pada Senin, 1 April 2019. Dok: Basarnas Jawa Barat.
Petugas mengevakuasi material yang dibawa banjir bandang Kota Depok, Jawa Barat, pada Senin, 1 April 2019. Dok: Basarnas Jawa Barat. (Roni Kurniawan)

Tak Ada Korban Jiwa Akibat Banjir Bandung

banjir bandang kota bandung bencana banjir
Roni Kurniawan • 01 April 2019 22:02
Bandung: Basarnas Jawa Barat memastikan tidak ada korban jiwa akibat banjir bandang yang menerjang dua Sekolah Dasar (SD) dan pemukiman warga di daerah Sukup Baru, Kecamatan Ujung Berung, Kota Bandung, Jawa Barat, yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB, Senin, 1 April 2019.
 
Koordinator Humas Basarnas Jawa Barat Joshua Banjarnahor menyebut hal ini setelah petugas gabungan dari Basarnas, PMI, Damkar, BPBD, TNI, Polri dan warga meyisir di lokasi banjir bandang.
 
"Sejauh ini tidak ada korban (jiwa) Tapi kami fokus mensterilisasi lokasi untuk memastikan korban yang tertinggal," ujar Joshua melalui pesan singkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Banjir bandang diakibatkan jebolnya tanggul yang berada di perumahan Aji Tunggal Cijambe. Air yang tidak terbendung menerjang dua SD dan pemukiman.
 
Baca: Banjir Bandang Terjang Bandung
 
Setelah penyisiran dan pembersihan material yang hancur akibat banjir, petugas tidak menemukan korban jiwa. Penyisiran usai sekitar pukul 20.00 WIB karena banjir mulai surut. Warga langsung bahu membahu membersihkan material yang berserakkan.
 
"Karena dinilai sudah kondusif, tim balik kanan," sambungnya.
 
Pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk pemulihan bangunan yang hancur diterjang banjir bandang. Pihak terkait masih mendata jumlah bangunan yang rusak akibat bencana tersebut.
 
"Selanjutnya berkoordinasi dengan pihak instansi terkait mengenai rehab recon," pungkasnya.
 

(SUR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif