Ilustrasi/Medcom.id.
Ilustrasi/Medcom.id. (P Aditya Prakasa)

RSJ Jawa Barat Siapkan Ruang VIP Untuk Caleg Stres

kampanye pileg pilpres 2019 pemilu serentak 2019
P Aditya Prakasa • 18 April 2019 13:36
Bandung: Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Provinsi Jawa Barat telah menyiapkan ruangan Very Important Person (VIP) untuk menangani Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang mengalami stres usai Pemilu 2019. Sebanyak lima ruangan telah disiapkan untuk pasien rawat inap.
 
"Kalaupun nanti ada kejadian Caleg yang stres dan perlu dirawat, kami sudah sediakan ruang VIP. Ada lima ruangan," ucap Kepala Bidang Keperawatan RSJ Jawa Barat Nining Mariam saat dihubungi, Kamis 18 April 2019.
 
Nining mengatakan, dari pengalaman sebelumnya tidak ada pasien datang ke RSJ yang mengaku sebagai Caleg. Meski begitu pihak RSJ merasa perlu menyiapkan ruangan VIP setiap usai Pemilu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami tidak menyediakan secara khusus, karena dari pengalaman sebelumnya tidak ada lonjakan kunjungan secara khusus dari pasien yang mengatasnamakan Caleg. Mungkin saja ada kunjungan rawat jalan ke RSJ tapi tidak mengatasnamakan Caleg," kata Nining.
 
Selain itu, sebanyak tiga orang pasien RSJ Jawa Barat yang terdaftar sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) telah menggunakan hak pilihnya. Nining mengatakan ketiga pasien tersebut termasuk yang dinyatakan kondisi baik dan dalam masa pemulihan.
 
"Pasien yang memiliki hak pilih dan menggunakannya ada tiga orang, satu perempuan dan dua orang laki-laki," kata Nining.
 
Nining menyebutkan, pasien di RSJ Jawa Barat saat ini ada 111 orang. Dia merinci sembilan orang merupakan anak di bawah umur, dan 30 orang lainnya masih dalam penanganan intensif. Untuk pasien lainnya yang tidak bisa menggunakan hak pilih dikarenakan tersandung masalah administrasi.
 
Sebelum mencoblos, dokter dan psikiater memberikan tes kepada pasien para pasien. Hasil tes tersebut akan menentukan pasien siap menggunakan hak pilihnya atau tidak. 
 
"Mereka mau memilih tapi tidak memiliki KTP, untuk ini jumlahnya saya kurang hafal yah. Ada tesnya ada assement yang dilakukan oleh dokter dan psikiater, apakah sudah boleh atau tidaknya (memilihnya)," ujar Nining.

 

(ALB)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif