Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal. (Hendrik Simorangkir)

Wamenlu: Indonesia Menghormati Perbedaan

toleransi beragama
Hendrik Simorangkir • 16 Februari 2019 18:00
Tangerang: Wakil Menteri Luar Negeri Abdurrahman M Fachir mengatakan, Indonesia merupakan negara yang kaya akan suku, bahasa, agama, bahkan memiliki rasa toleransi tinggi terkait kepercayaan.
 
Menurut Fachir, hal tersebut tergambar pada hari libur yang ditetapkan pemerintah pada setiap hari raya semua agama di Indonesia.
 
"Seperti yang kita maklumi bahwa negara membuktikan kebebasan, negara juga memfasilitasi bahkan menghormati perbedaan dengan memberikan hari libur untuk semua agama," kata Fachir yang menghadiri perayaan Imlek 2570 di Sekolah Harapan Bangsa, Kota Tangerang, Banten, Sabtu, 16 Februari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fachir menjelaskan, di Indonesia terdapat 17.503 pulau dengan ratusan kebudayaan dan belasan bahasa terkandung di dalamnya.
 
Maka itu, ia berharap dari kegiatan yang berunsur dari beberapa perbedaan seperti di Sekolah Harapan Bangsa dapat menjadi contoh dan mengikis perpecahan.
 
"Harus dimajukan terutama generasi muda. Karena bisa jadi karena teknologi informasi dan sebagainya, kita sangat terpengaruh dengan perbedaan itu, tapi justru saya melihat perbedaan adalah sebuah kekayaan dan harus perjuangan kebersamaan," pungkas Fachir.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif