Pemda di Jabar Diminta Contek Konsep Teras Cikapundung
Suasana di Teras Cikapundung, Jumat, 12 Oktober 2018, salah satu sungai yang dinormalisasi Ridwan Kamil semasa masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Medcom.id - Roni
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengintruksikan seluruh Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) untuk membentuk unit kerja optimalisasi aset. Hal itu guna memanfaatkan potensi yang dimiliki di beberapa aliran sungai di Jabar seperti Teras Cikapundung di Kota Bandung.

Menurut pria yang akrab disapa Emil, BBWS memiliki kewenangan untuk melakukan sejumlah inovasi guna membuat aliran sungai bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan. Teras Cikapundung yang berada di Kota Bandung menjadi contoh yang dicetuskan Emil untuk bisa diterapkan di daerah lain.

"Saya minta pihak BBWS punya staf unit kerja yang namanya optimalisasi aset. Supaya jangan melihat projek air ini tidak hanya air, tapi ada potensi manusia berinteraksi, bersosialisasi dan berwisata seperti di Teras Cikapundung," kata Emil usai rapat dengan seluruh BBWS se-Jabar di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Jumat 12 Oktober 2018.


Emil menuturkan, peluang di setiap aliran sungai untuk menjadi ruang publik terbuka sangat memungkinkan. Terdekat Kalimalang di Bogor dan aliran sungai Citarum di Bojongsoang, Kabupaten Bandung, akan dipoles menjadi ruang terbuka.

"Saya tunjukkan yang Cikapundung itu punya modal Rp13 miliar yang menjadikan warga datang ke sana untuk berwisata. Kalau Teras Cikapundung bisa, yang lain juga bisa," bebernya.

Emil pun meminta empat BBWS yakni Citarum, Ciliwing Cisadane, Cimanuk Cisanggarung dan Citanduy untuk segera membentuk unit kerja tersebut agar aliran sungai di Jabar semakin indah.

"Secepatnya saya minta untuk membentuk unit kerja itu sambil mengerjakan proyek lainnya," tegas Emil.




(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id