Emil Cabut Pergub Tentang Pengupahan

Roni Kurniawan 01 November 2018 15:55 WIB
ump
Emil Cabut Pergub Tentang Pengupahan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) saat konferensi pers mengumumkan UMP Jabar untuk tahun 2019 di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, 1 November 2018.
Bandung: Gubernur Jabar Ridwan Kamil secara resmi telah mencabut Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 54 Tahun 2018 Tentang Tata Cara Penetapan dan Pelaksanaan Upah Minimum Provinsi (UMP) Jabar. Aturan tersebut dicabut karena dianggap tidak sesuai dengan visi misinya.

Pria yang akrab disapa Emil ini menuturkan, dalam program yang diusung Rindu saat kampanye menginginkan Buruh Juara Lahir Batin. Pergub tersebut, lanjut Emil, dinilai merugikan buruh dalam penetapan upah.

"Saya cabut Pergub 54 Tahun 2018 sesuai tuntutan buruh. Setelah pelajari peraturannya, belum memuat visi misi baru yang diusung Rindu, karena ditandatangani pemimpin lama (Ahmad Heryawan)," ujar Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis 1 November 2018.


Emil mengaku, akan melakukan kajian kembali untuk mendalami perubahan dalam pergub tersebut. Pasalnya dalam pergub tersebut, penetapam upah minimum sektoral (UMKS) berdasarkan permohonan dari industri tidak melibatkan buruh.

"Menurut saya tidak adil, harusnya ada dan tidak permohonan itu proses keadilan harus dilakukan. Atau melibatkan juga buruh, ada proses diskusi," sambungnya.

Emil pun menganggap jika pergub tersebut tidak tegas karena intervensi dari industri cukup kuat untuk menentukan UMKS. 

"Ini tidak ada diskusi, akhirnya seperti bola karet, tidak tegas. Jadi saya akan dalami dulu untuk perbaikan di pergub itu," tegasnya.




(ALB)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id