Ridwan Kamil Ingin Kalimalang Jadi Destinasi Wisata Baru

Roni Kurniawan 13 September 2018 14:07 WIB
pariwisatawisata sungai
Ridwan Kamil Ingin Kalimalang Jadi Destinasi Wisata Baru
Dua orang anak berenang di aliran Kali Malang, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (12/9). ANTARA FOTO/Risky Andrianto.
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan menyulap Kalimalang di Bekasi menjadi destiniasi wisata yang menarik. Pasalnya Kalimalang merupakan salah satu target Emil untuk menghadirkan destinasi wisata baru di Bekasi.

Emil bersama wakil gubernur Uu Ruzhanul Ulum memiliki program pariwisata yang terbagi menjadi tiga tipe. Pertama yakni memperbaiki infratruktur untuk akses menuju tempat wisata. Kedua membuat destinitasi wisata baru.

"Nah tipe yang ketiga membuat kawasan ekonomi khusus seperti di Nusa Dua (Bali). Nah Kalimalang ini masuk ke dalam rencana masterplan pariwisata tipe kedua," kata Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga), Jalan Tamansari, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis, 13 September 2018.


Emil menjelaskan, Kalimalang akan menjadi ikon baru di Bekasi dan bisa dinikmati oleh masyarakat. Terlebih hal itu merupakan salah satu janji kampanye Emil saat blusukan kampanye Pilgub Jabar 2018.

Emil pun bakal melakukan hal tersebut di beberapa daerah lainnya seperti Garut yang memiliki wisata Situ Bagendit. Namun Emil kini menunggu usulan dari kepala daerah kabupaten/kota se-Jabar untuk memperbaiki atau membuat destinasi wisata baru.

"Kalau punya danau, danaunya dibetulkan kaya danau situ bagendit garut. Kalau punya pantai, pantainya dibenerin. Yang lain nunggu usulan dari kabupaten dan kota untuk dibenerin," jelas Emil.

Sementara itu Emil menyiapkan anggaran Rp30 miliar hingga Rp50 miliar untuk program pariwisata tipe kedua, termasuk Kalimalang. "Kalau tipe dua itu dari Rp30 miliar sampai Rp50 miliar per destinasi. Duitnya cuma segitu dulu, kan ada 26 kota lain yang harus saya beri bantuan," pungkas Emil.



(DEN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id